Sampah Rumah Tangga hingga Bangkai Ayam Menumpuk di Sungai Djuri Purwosari

537
Sampah menumpuk di bawah jembatan Sungai Djuri di Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Selain sampah rumah tangga berupa plastik, bungkus makanan dan minuman, warga juga kadang membuang bangkai ayam di sungai yang dimanfaatkan warga untuk mandi dan cuci ini. WARTABROMO/Ipung

Purwosari (wartabromo) – Pemandangan tidak elok tampak di Sungai Djuri di Desa Martopuro, Kecamatan  Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Sungai yang berada di sisi jalan raya Surabaya-Malang ini kotor dan bau.

Pantauan wartabromo.com, Senin (28/9/2015), sungai yang sudah kerontang karena musim kemarau ini sangat kotor oleh sampah rumah tangga. Sampah menumpuk di sejumlah lokasi. Jika didekati, bau busuk langsung memapar penciuman.

Sampah yang terdapat di sungai seperti plastik, aneka bungkus makanan dan minuman membuat sungai yang saat musim hujan dijadikan mandi dan cuci ini tampak seperti tempat pembuangan sampah.

“Baunya bikin perut mual, apalagi kadang-kadang warga membuang bangkai ayam kesini,” kata seorang warga Desa Martopuro, Umilatul (38).

Kondisi air sungai Djuri yang melintas di depan rumahnya semakin hari semakin keruh apalagi saat debit air menipis. Ia mengaku khawatir kotornya sungai menyebabkan penyakit.

Ia berharap pemerintah melakukan sesuatu untuk mencegah sungai tersebut tercemar sampah. Ia juga berharap warga tidak lagi membuang sampah ke sungai.

“Mestinya pemerintah segera membangun TPS dan TPA di Desa Martopuro agar masyarakat semakin sadar dan tak lagi membuang sampah sembarangan,”  pungkasnya  (ipg/fyd)