Dua Mobil Kades di Probolinggo Dibakar

0
185
Foto: Sundari A. W/WARTABROMO

Kraksaan (wartabromo) – Belum terungkap dua pembondetan rumah warga Desa Nogosaren, Kecamatan Gading, pada 19 September dan 11 Oktober lalu, warga Kabupaten Probolinggo digemparkan dengan peristiwa pembakaran dua mobil milik Muhammad Zainullah, Kepala Desa Asembakor, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo dibakar orang tidak dikenal.

Mobil Suzuki APV Nopol K 1351 XO dan Mitsubishi Kuda Nopol P 1361 E yang diparkir di depan rumah sang kades tersebut hangus terbakar. Api yang menyalak dari dua mobil tersebut membuat warga gempar. Hampir seluruh bagian luar dan dalam mobil rusak parah. Kerugian akibat peristiwa ini mencapai Rp150 juta.

Kejadian itu pertama kali diketahui oleh Fitri (33), tetangga samping kades. Fitri mengaku kejadian mobil dibakar itu pertama kali diketahui sekitar pukul 03.00. Saat itu, dirinya yang tengah tidur di ruang tamu bersama anaknya, tiba-tiba terbangun sekitar pukul 03.00.

Dirinya dikejutkan saat melihat ke luar, kok sudah terang. Kemudian, dirinya pun melihat keluar dengan mengintip dari gorden jendela rumahnya. Ternyata, api membakar mobil kades. Saat itu juga, langsung berusaha untuk keluar rumah dan memberitahu kades.

“Saya sempat kesulitan membuka kunci rumah, dari saking paniknya. Setelah keluar, langsung saya ke rumah pak tenggi Zainullah dan berteriak kebakaran,” katanya saat ditemui di lokasi kejadian.

Fitri kemudian keluar dan berteriak kebakaran. Akhirnya, dirinya bersama banyak warga berusaha memadamkan api yang sudah membesar itu dengan cara manual. “Dipadamkan pakai air kran, pakai timba dibantu warga,” ujarnya.

Pembakaran dua mobil kades terpilih tahun 2015 itu masih dalam penyelidikan. Kapolres Probolinggo AKBP Iwan Setyawan pun turun langsung ke lokasi kejadian. Kapolres mengatakan, hasil dari olah TKP dan keterangan masyarakat, aksi pembakaran dua mobil kades itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 03.00 WIB, tadi padi.

“Pelaku membakar dua mobil itu dengan meletakkan tumpukan kain diantara kedua mobil itu dan disiram bensin. Kemudian, dibakar sampai merambat ke kedua mobil kades. Kami amankan barang bukti dirigen besar berisi bensin dan kain yang disirami bensin dan dibakar,” katanya. (saw/fyd)