Puluhan Ribu Pencari Kerja Serbu Job Fair Kabupaten Pasuruan

985

job fair dibanjiri pemburu kerjaPandaan (wartabromo) – Puluhan ribu pencari kerja menyerbu Job Fair Kabupaten Pasuruan. Banyaknya pencari kerja yang datang membuat panitia kelabakan dan kewalahan karena jumlah yang datang meninggkat 100 persen dari tahun lalu.

Yoyok Heri Sutjipto, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pasuruan mengatakan, 44 perusahaan di Kabupaten Pasuruan dan 1 perusahaan di Probolinggo, siap membuka lowongan pekerjaan sebanyak 4418 jabatan.

Dari jumlah lowongan tersebut, sebanyak 754 jabatan khusus tamatan pendidikan SD/SMP, 2731 lowongan lulusan SLTA, 628 jabatan untuk lulusan DI-D3, serta 305 jabatan bagi lulusan sarjana.

“Kalau tahun lalu ada 4.043 lowongan pekerjaan, sedangkan tahun ini naik sampai 375 lowongan. Itu artinya semakin banyak perusahaan yang membuka kesempatan kerja bagi para pengangguran,” kata Yoyok, di lokasi Job Fair, Finna Golf and Country Club Resort, Pandaan, Kamis (22/10/2015).

Sekda Kabupaten Pasuruan, Agus Setiadji, yang membuka Job Fair yang berlangsu 22-23 Oktober 2015 ini mengapresiasi ide dan langkah Disnaker untuk kembali menggelar Job Fair. Menurutnya, Job Fair adalah cara efektif untuk menekan angka pengangguran yang setiap tahun mesti selalu ada.

“Setiap tahun ribuan anak sekolah di tingkatan SMA, D-I hingga sarjana banyak yang lulus, dan mereka pasti banyak yang mencari kerja. Di situlah peran perusahaan untuk membuka lowongan atau tidak. Kadangkala para pencari kerja mengalami kesulitan untuk mencari informasi lowongan. Nah, job fair ini sangat membantu banyak,” kata dia.

Selain Agus Setiadji, Maruli A Hasoloan, Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia dan Perekonomian pada Kementerian Tenaga Kerja RI, juga mengapresiasi job fair tersebut dan berharap bisa mengurangi pengangguran. Ia berharap semakin banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Job Fair yang didatangi puluhan ribu job seeker ini dibuka pukul 07.00 WIB. Panitia dibuat kelabakan, lantaran jumlah pelamar yang melebihi ekspektasi.

“Pokoknya Job Fair yang ini jumlah pelamarnya naik 100% dari tahun lalu. Ada yang dari. Kami yang kewalahan melayani mereka, seperti brosur pengisian pendaftaran yang memang diberikan gratis,” kata Agus, salah seorang panitia. (mil/fyd)