Semangat Hari Santri Segarkan Jurnalistik Pesantren

1067
jurnalistik pesantren
Ary Soprayogi dan Abdul Kadir, Pengurus PWI Pasuruan tengah memberikan materi kepada santri dan santriwati dalam Diklat Jurnalistik Pesantren di Pontren Assalam, Pohjentrtek, Kabupaten Pasuruan, sabtu (24/10/2015).

Pohjentrek (wartabromo) – Senyum manis menghias wajah puluhan santri dan santriwati yang mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) jurnalistik pesantren di Pondok Pesantren (Pontren) As Salam di Desa Parasrejo, Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan, sabtu (24/10/2015).

Kegembiran dan semangat itu, tidak lepas dari diresmikannya 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional oleh Presiden Joko Widodo. Sehingga penetapan Hari Santri Nasional itu, menyegarkan diklat jurnalistik yang digelar.

“Para santri harus bergembira, karena diklat jurnalistik ini makin memperkokoh kemandirian santri dengan beragam kemampuan. Dengan diklat ini, santri mendapat tambahan ilmu menulis, yang bisa dijadikan sarana dakwah dari ilmunya,” kata A Farid Syauqi, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga :   Koran Online 15 Mei : Permintaan Elpiji Meningkat, hingga Terduga Teroris kota Pasuruan Ditangkap 

Diklat yang digelar Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pasuruan Raya, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pasuruan, PC Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), PC Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) serta Pontren se-Pasuruan Raya itu, untuk memberikan tambahan bekal kemampuan dan keahlian kepada santri. Terutama keahlian di bidang jurnalistik maupun tulis-menulis.

rozy3
Panitia tengah mengarahkan peserta jurnalistik santri yang digelar di PP KH A Wahid Hasyim, Bangil, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (31/10). Foto : Rozy Naufal, santri Persis Bangil

Sementara, Ketua PWI Pasuruan, Arie Yoeniato, menyampaikan bahwa wartawan juga berkewajiban mendorong dan menularkan ilmunya untuk mencerdaskan bangsa.

“Dengan membagi ilmu yang dimilikinya kepada santri, wartawan juga turut mengabdi mercerdaskan bangsa. Sehingga Bangsa Indonesia makin kokoh di tengah berkembangnya peradaban dunia,” ujar Arie.

Diklat jurnalistik pesantren tersebut akan digelar secara road show (bergiliran) di 14 lokasi pontren se-Pasuruan Raya. Pelaksanaan dilangsungkan selama periode Oktober hingga Desember 2015, dengan pelaksanaan setiap Sabtu dan Minggu.

Baca Juga :   Terpesona Keindahan Air Terjun Putuk Truno

Penulis : Abd Manaf, Santri Pontren Is’anur Rohmah, Susukan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan.