Copot Baliho Anggota DPR RI Misbakhun, Panwaslih Pasuruan Dituding Gegabah

1028

misbakhunPasuruan (wartabromo) – Penurunan Baliho Ucapan Selamat atas pelantikan pejabat (Pj) sementara Walikota Pasuruan oleh Anggota DPR RI M. Misbakhun oleh Panwaslih Kota Pasuruan mendapatkan protes dari Tim rumah aspirasi Muhammad Misbakhun Center.

Pencopotan baliho yang memuat gambar anggota DPR RI asal Fraksi Golkar Periode 2014 – 2019 di Kota Pasuruan tersebut dianggap sebagai tindakan gegabah yang dilakukan oleh Panwaslih lantaran tidak disertai pemberitahuan resmi kepada pihak pemasangnya yakni pihak rumah aspirasi Muhammad Misbakhun Center.

“Sampai detik ini, pihak Misbakhun Center belum mendapat keterangan resmi tentang pencopotan ini secara tertulis. Tidak ada diskusi atau konfirmasi sama sekali. Ini tidak benar, ” ujar Staf Dapil II anggota DPR RI Muhammad Misbakhun, Fatkhul Mubin pada wartabromo, Selasa (27/10/2015).

Menurutnya, seyogyanya Panwalih Pasuruan bisa memahami dan membedakan keberadaan baliho Kampanye dengan baliho ucapan selamat sebagai sosok pribadi yang ingin memberikan pencerahan dan pendidikan demokrasi kepada masyarakat Kota Pasuruan.

“Baliho itu dibuat dan dipasang oleh Posko rumah aspirasi beliau, saya selaku staf beliau di Dapil II menegaskan, tidak ada sangkut pautnya dengan timses pasangan calon manapun, baik itu SEHat atau paslon lainnya. Ini murni dari seorang putra daerah yang ingin mengucapkan selamat atas terpilihnya PJ Walikota Pasuruan yang baru. Kita juga sudah pasang iklan model yang sama di media lokal. Toh, tidak ada teguran apa-apa karena tidak ada unsur kampanye. Ini pyur ingin mendidik masyarakat, ” tegas Mubin yang mengaku akan meminta penjelasan secara tertulis tehadap Panwaslih atas penurunan tersebut.

Sementara itu, Ketua Panwaslih Kota Pasuruan, Mohammad Anas saat dikonfirmasi membenarkan jika pihaknya telah merekomendasikan pencopotan dan penurunan baliho milik Muhammad Misbakhun tersebut. Menurutnya, penurunan tersebut didasarkan dari hasil rapat pleno panwaslih dan konsultasi dengan pihak Bawaslu Jatim.

“Gak usah tanya tentang teknisnya. Yang jelas sudah tidak sesuai. Sama halnya di Ponorogo, juga diturunkan karena mengandung maksud untuk kampanye, ” ujar Anas.

Ditegaskannya, upaya yang dilakukan oleh Panwalih Kota Pasuruan merupakan langkah pencegahan sebagaimana amanat Perbawalu nomer 2 tentang perubahan atas Perbawaslu no 11 tentang Pengawasan pemilu.

Untuk diketahui pada bagian atas baliho tersebut tertulis ‘Selamat Datang Pemimpin Baru Untuk Demokrasi yang lebih baik dan sehat di Kota Pasuruan’ dengan foto bergambar Misbakhun sebagai anggota fraksi Golkar DPR RI 2014 – 2019. Pada bagian bawah tertulis ‘Pesan ini disampaikan oleh HM. Misbakhun, SH. MH sebagai ucapan selamat dipimpinnya Kota Pasuruan oleh PJS (Pejabat Sementara) Walikota Pasuruan Bpk. Wibowo Eko Putro’. (yog/yog)