Lima Desa di Probolinggo Juga Diguyur Abu Vulkanik Bromo

411
Abu vulkanik Gunung Bromo guyur lima desa di dua kecamatan di Kabupaten Probolinggo, Senin (7/12/2015). Ratusan rumah dan puluhan hektar lahan pertanian tertutup abu. WARTABROMO/Sundari A. W

Sukapura (wartabromo) – Abu vulkanik Gunung Bromo mengguyur lima desa di dua kecamatan Kabupaten Probolinggo pada Senin (7/12/2015).

Kepala Pusat Vulkanologi Metigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Pos Gunung Bromo Ahmad Subhan, menuturkan Gunung Bromo menyemburkan abu vulkanik pada Senin dinihari. Semburan abu tersebut jatuh di sejumlah desa di Probolinggo pada pagi hingga siang hari.

Semburan itu mengarah dan mengguyur Desa Ngadisari, Ngadas dan Ngadirejo di Kecamatan Sukapura serta Desa Ledokombo dan Sariwani di Kecamatan Sumber. Akibatnya, ratusan rumah dan puluhan hektar lahan pertanian tertutup material abu vulkanik.

abu guyur bromo“Kami sarankan agar warga segera menyapu abu yang berada di atas genteng atau atap rumah,” kata Subhan.

Hingga Senin pagi, tremor Gunung Bromo tercatat antara 3 – 25 milimeter dengan dominan 6 milimeter. Dengan ketinggian semburan abu pekat mencapai 400 meter. Jarak aman bagi warga dan wisatawan ditetapkan 2,5 kilometer dari bibir kawah. (saw/fyd)