Tanamkan Tertib Lalu-lintas Sejak Dini, Polda Jatim Gagas Panggung Boneka

706
Foto: Emil Akbar (wartabromo)

Bangil (wartabromo) –  Berbagai cara dilakukan polisi untuk menanamkan kesadaran tertib berlalu-lintas sejak dini. Salah satunya cara unik yakni dengan menggelar Panggung Boneka.

Panggung Boneka digelar Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim di GOR Sasana Krida Anoraga Raci, Bangil, Pasuruan, Kamis (28/1/2016). Acara tersebut dihadiri 700 anak-anak setingkat TK dan SD di Kabupaten Pasuruan.

Kasubid Dikyasa Polda Jatim, AKBP Juli Setyadi, mengatakan pertunjukan panggung boneka merupakan salah satu bagian dari 11 program Jatim Peka 2015 yang digagas Ditlantas Polda Jatim.

Program ini ditujukan pada siswa Taman Kanak Kanak (TK) dan sekolah Dasar (SD). Lewat program ini, diharapkan masyarakat Kabupaten Pasuruan semakin sadar terhadap pentingnya tertib berlalu lintas.

“Angka kecelakaan di jalan raya selalu ada setiap harinya. Untuk itu, kegiatan seperti ini kami rasa sangat efektif untuk bisa mengajarkan anak-anak untuk cinta polisi dan belajar tertib berlalu lintas,” kata Juli di hadapan awak media.

Lebih lanjut Juli menambahkan bahwasanya kegiatan yang melibatkan anak-anak ini juga sebagai sarana edukasi tentang keselamatan lalu lintas kepada anak sejak dini.

Program yang inovatif ini juga berguna untuk menggugah masyarakat bahwa keselamatan di jalan raya bukan hanya tugas polisi, tetapi juga menjadi tanggung jawab berasama.

“Kalau para orang tua tidak memakai helm  atau spion nya tidak lengkap, maka anak-anak bisa mengingatkan. Biasanya kalau anak-anak yang mengingatkan, orang tua akan luluh hatinya dan sadar bahwa apa yang dilakukannya salah,” terangnya.

Acara tersebut juga dihadiri Wakapolres Pasuruan, Kompol Bagus Ichwan Christian, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Iswahyudi, dan sejumlah pejabat polres dan pemkab. (mil/fyd)