Pembangunan Gedung Pemkab Probolinggo Habiskan Rp 128 M

1509
Foto: Sundari A.W (wartabromo)

Kraksaan (wartabromo) – Pembangunan Kantor Pemkab Probolinggo di Kota Kraksaan yang sudah dimulai sejak 2013 akan dirampungkan pada tahun ini. Sejauh ini pembangunan kantor yang menelan anggaran sebesar Rp 128 miliar itu baru mencapai 77 persen.

Tahun ini merupakan tahun keempat masa pembangunan. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Cipta Karya, telah menyiapkan anggaran Rp 27 miliar dalam APBD 2016. “Itu untuk finishing bangunan,” kata Kepala DPU Cipta Karya Prijono, Senin (15/2/2016).

Saat ini pekerjaan memasuki  tahap akhir, seperti pemasangan keramik, instalasi listrik hingga pemasangan kabel Air Conditional (AC). Selain itu, anggaran Rp 27 miliar ini, nantinya juga untuk pengadaan tiga unit lift yang akan dipasang di kantor tersebut. Rencananya, untuk pemasangan alat tersebut diprediksi akan dipasang dua bulan lagi, atau sekitar bulan April mendatang.

Baca Juga :   Kiai Ma'ruf Disebut akan Gelar Pertemuan Tertutup di Ponpes Sidogiri

“Kali ini fokus mengerjaan gedung masih seputar tahap pemasangan interior, paling tidak setelah itu selesai pemasangan lift,” katanya

Pembangunan Kantor Pemkab menghabiskan APBD sebesar Rp 128 miliar dengan rincian pada tahun 2013 lalu pembangunan gedung di sisi timur dan barat menghabiskan Rp 40 miliar. Kemudian, dilanjutkan pembangunan pada November 2014 hingga akhir tahun 2015 menghabiskan dana Rp 61 miliar. Dan pada tahun ini finishing menghabiskan anggaran sebesar Rp 27 miliar.

Menurut Prijono, pembangunan gedung senilai Rp 128 miliar tersebut akan rampung pada Agustus mendatang. “Paling tidak kemungkinan besar baru bisa ditempati awal tahun 2017 mendatang,” tandasnya. (saw/fyd)