Usai Solat, Warga Sukorejo Antusias Menyaksikan Gerhana Matahari

885
Foto: Bustomi

Sukorejo (wartabromo) – Usai melakukan shalat gerhana di masjid Al Mukhlasin, Kecamatan Sukorejo, Rabu (9/3/16), sejumlah warga terlihat asyik menikmati fenomena gerhana matahari yang tengah berlangsung.

Berbekal kacamata hitam hingga kacamata yang terbuat dari klise film, anak-anak hingga orang dewasa bergantian untuk melihat pergeseran bulan yang menutupi matahari. Seolah tak ingin melewatkan pemandangan yang jarang terjadi itu.

Roni (23) mengatakan, dirinya sengaja membawa kacamata hitam dari rumah untuk dapat melihat fenomena gerhana matahari secara langsung. Namun demikian, upayanya tersebut tak banyak membantu. “Cahayanya masih tembus, bayangan bulannya nggak begitu terlihat mas,” ungkapnya.

Hal berbeda dilakukan oleh Wahyu (10), ia mengaku membawa kacamata khusus buatan sendiri untuk dapat menangkap fenomena langka tersebut. “Saya bawa dari rumah, kemarin dibuatkan ayah.”

Baca Juga :   Sampai Hari ke-6, Polisi Belum Temukan Tanda Karyawan PT Liman Jaya Hilang saat Kebakaran

Hal itu disambut gembira oleh teman sebayanya, bahkan orang dewasa pun mengaku penasaran untuk dapat menikmati gerhana matahari secara langsung. “Kalau (lihat) di televisi sudah biasa mas, kalau pakai ini (kacamata khusus,red), meski kecil tapi lebih bagus,” kata Sudiro (45). (bus/fyd)