Buat Film soal Islam, Sutradara Italia Datangi Pesantren dan Suku Tengger

890

Spinelli berbincang dengan bupati irsyadPasuruan (wartabromo) – Sutradara asal Italia, Italo Spinelli, berniat membuat film dokumenter tentang toleransi agama yang ditunjukkan umat Islam di Indonesia. Pasuruan salah satu daerah yang ia pilih untuk melakukan penelitian sebelum memulai proyek tersebut.

“Selama ini yang ada di media sana Islam itu teroris, Islam itu bom, Islam itu ISIS, padahal di sini aman-aman saja,” kata Spinelli saat berkunjung ke Pendopo Ngawiji Ngesti Wenganing Gusti, Senin (11/4/2016).

Spinelli mengaku tertarik mengangkat toleransi keagamaan di Indonesia untuk membuka mata dunia Barat bahwa Islam itu agama yang cinta damai, bukan seperti yang dibayangkan selama ini.

“Sebagai Negara dengan muslim terbesar, Indonesia damai. Ini menarik jadi film,” tutur pria asal Roma ini.

Baca Juga :   Pengerjaan Jembatan Dusun Lawang Kedaton Dikebut

Selama dua hari berada di Pasuruan, Spinelli sudah mengunjungi berbagai lokasi, diantaranya pondok pesantren Ngalah, Purwosari, agrowisata Tutur hingga mendatangi Suku Tengger di Lereng Bromo. Menurut dia, Pasuruan memiliki toleransi yang luar biasa.

Spinelli belum memastikan kapan proyek film akan dimulai karena ia akan terus melakukan penelitian agar lebih memahami Islam di Indonesia. “Masih banyak yang harus aya ketahui,” imbuhnya.

Selama dua berkeliling, Spinelli ditemani Bupati Irsyad. Spinelli juga menyaksikan saat bupati meresmikan sebuah Taman Pendidikan Al-Quran kemudian dilanjutkan membuka acara suku Tengger.

Spinelli merupakan sutradara yang expert pada film-film dokumenter. Ia sudah membuat 30 film dokumenter tentang kehidupan warga Suriah, Iran hingga India dan negara Asia lainnya. (fyd/fyd)