Puluhan Karung Sampah Dikumpulkan dari Pantai Ekor Gili Ketapang

1358
Foto: Sundari/wartabromo.com

Sumberasih (wartabromo) – Prihatin dengan kondisi pantai Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih yang penuh sampah, puluhan anggota klub motor yang peduli lingkungan hidup menggelar aksi bersih-bersih. Hasilnya, puluhan kantong penuh sampah domestik berhasil dikumpulkan.

Pesona pasir putih pantai Ekor di pulau Gili Ketapang, sangat dikeluhkan oleh pengunjung. Pasalnya, pantai yang elok dipandang mata itu kotor penuh sampah, baik sampah organik maupun anorganik.

“Sayang pantainya kotor. Padahal keindahan tak kalah dengan pantai kute bali. Airnya sangat jernih dan pasir putihnya sangat eksotis,” kata salah satu pengunjung Fitri Wahyuni, (5/6/2016).

Foto: Sundari/wartabromo.com

Tak ingin keindahan pantai tertutupi sampah domestik, anggota bebeberapa klub motor melakukan aksi bersih-bersih pantai. Aksi itu sebagai bentuk keprihatinan mereka atas kumuhnya pantai.

Baca Juga :   Bupati Perintahkan Camat Telusuri Warganya yang Ditahan di Filipina

“Kami sangat prihatin dengan kondisi itu, padahal pantai sangat potensial jika dikembangkan sebagai destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo. Selain itu juga untuk memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh setiap 5 Juni,” ujar Koordinator Aksi Gilang Ramadhan.

Hasilnya, dalam aksi selama tiga jam itu, puluhan karung berisi sampah berhasil dikumpulkan. Untuk sampah organik, semuanya dipendam di sekitar pantai. Sedang sampah anorganik yang tak dapat didaur ulang, dibawa ke Probolinggo untuk dibuang ke tempat pembuangan sampah (TPS). (saw/fyd)