Festival Apel Pasuruan Manalagi 2016 Dibuka, Warga Bisa Beli Buah Apel Harga Petani

2578

Pandaan (wartabromo) – Festival Apel Pasuruan Manalagi (Apel Pagi) 2016 di Pandaan, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, resmi dibuka, Jumat (9/12/2016). Festival apel pagi ini untuk mengembangkan dan mempromosikan apel asli Pasuruan yang berasal dari daerah Nongkojajar, Tutur.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Asisten II Pemkab Pasuruan Abdul Munif. Acara dihadiri Camat Tutur Edy Supriyanto, Camat Pandaan Suwito Adi, Asosiasi Petani Apel Nongkojajar Agus, dan juga Muspika Pandaan. Ratusan warga juga datang dalam pembukaan ini.

Dalam sambutannya, Abdul Munif menyampaikan tujuan Festival Apel Pagi ini digelar untuk meramaikan, mengembangkan dan mempromosikan potensi apel yang ada di Pasuruan, khususnya di Kecamatan Tutur.

Baca Juga :   Saat Lebaran, Permintaan Darah Naik Pendonor Menurun

“Festival apel pagi ini untuk mengembangkan dan mempromosikan apel asli Pasuruan yang berasal dari daerah Nongkojajar Tutur,” kata Munif.

Ia juga menambahkan, apel tutur sejatinya merupakan apel terbaik yang ada di Jawa Timur. Meski sekarang apel yang beredar di pasaran masih dikenal sebagai apel Batu atau apel Malang, tapi yang sebenarnya apel yang terbaik adalah apel Nongkojajar Tutur.

“Di Kabupaten Pasuruan banyak produk unggulan, khususnya produk hortikultura, salah satunya adalah buah apel. Buah apel yang terbaik adalah apel Nongkojajar Tutur, namun yang kita tahu selama ini adalah apel Batu. Sebenarnya Batu cuma mengaku yang sebenarnya ya apel Nongkojajar ini apel terbaik di Jawa Timur,” tambahnya.

Baca Juga :   Selain Berkeliling Kampung, Ferdi Berjualan Peyek di Sekolah

Sementara itu,  Festival Apel Pagi ini rencananya akan digelar selama 3 hari yang di mulai pada tanggal 9-11 Desember 2016. Dalam gelaran ini pengunjung dapat membeli apel dengan harga petani yang dijual mulai harga  Rp 9,900 Rupiah hingga Rp 2 5000 Rupiah perkilonya. (ros/fyd)