Ratusan Jamaah Haul KH Abdul Hamid Menginap di Pendopo Kabupaten Pasuruan

552

Pasuruan (wartabromo.com) – Para jamaah Haul ke-35 KH Abdul Hamid memenuhi Pendopo Nyawiji Ngesthi Wenganing Gusti, Kabupaten Pasuruan. Mereka berasal dari berbagai daerah.

Para jamaah ini sudah berdatangan sejak pagi. Mereka yang setiap tahun datang ke haul, sangat hafal jika Pendopo Kabupaten Pasuruan selalu terbuka untuk menginap.

Para jamaah pria dan wanita langsung menuju tempat yang disediakan untuk melepas lelah, tidur atau sholat dan mandi. Pihak rumah tangga Pendopo menyediakan tempat khusus untuk pria dan wanita.

“Dari berbagai daerah yang di sini, Madura, Probolinggo, Lumajang, Malang, Jember dan masih banyak lagi,” kata angota Satpol PP yang bertugas sebagai penerima jamaah di pintu gerbang, D Andila, Jumat (9/12/2016) malam.

Jamaah haul menginap di Pendopo Kabupaten Pasuruan.
Jamaah haul menginap di Pendopo Kabupaten Pasuruan.

Penelusuran wartabromo.com, jamaah yang menginap di Pendopo sebagian besar berasal dari Madura, khususnya Sampang.

Hisan (20), warga Kecamatan Sreseh, Sampang, mengungkapkan dirinya setiap tahun datang ke haul bersama ratusan warga lainnya.
“Paman saya murid beliau. Saya kenal Mbah Yai dari beliau. Di Sampang, Kyai Hamid sangat dikenal,” katanya.

Hamdari (46), warga Kecamatan Mandangin, Sampang yang juga menginap di Pendopo mengatakan, ia datang bersama sekitar 1000 jamaah lainnya.

“Kiai Hamid sangat dikagumi di sana. Kami datang mau ambil berkah,” katanya.

Selain Pendopo, para jamaah juga menginap di berbagai tempat yang disediakan warga maupun lembaga antara lain gedung serba guna Polres Pasuruan Kota, gedung Maal Poncol dan masih banyak lagi. (fyd/fyd)