Jadi Alas Duduk Jamaah, Banyak Bunga Rusak di Alun-alun Pasuruan

1524

Pasuruan (wartabromo.com) – Ribuan warga yang datang untuk memperingati haul Mbah KH Abdul Hamid yang ke-35 memadati Alun-alun Kota Pasuruan, Sabtu (10/12/2016). Mereka merupakan jamaah yang tidak kebagian tempat di lokasi haul.

Jamaah yang datang dari berbagai daerah ini, memilih untuk mengambil tempat alun-alun dan jalan-jalan protokol Kota Pasuruan yang merupakan lokasi terdekat dan banyak disediakan alat pengeras suara oleh panitia.

Jamaah yang berada di dalam alun-alun banyak yang tidak mempedulikan bunga-bunga hiasan alun-alun. Mereka menjadikan bunga-bunga sebagai alas duduk. Alhasil, banyak bunga rusak di sejumlah titik.

Muhammad Ilyas, salah seorang penjaga keamanan dan ketertiban alun-alun mengatakan, kali ini pihaknya tidak bisa berbuat banyak melarang jamaah yang duduk di atas bunga. Menurutnya, hal itu karena membludaknya jamaah yang tidak kebagian tempat di lokasi.

Baca Juga :   Kapolres : Kami akan Tindak Tegas Jam’ah Haul Gunakan Kendaraan Bak Terbuka

“Kita tidak bisa berbuat banyak mas. Jamaah untuk tahun ini lebih banyak. Meskipun kita berempat yang piket tapi tetap saja tidak bisa apa apa,” kata Ilyas.

Ilyan juga menambahkan, bunga-bunga yang rusak bisa kembali normal dalam waktu sebulan ke depan. “Bunga-bunga ini bisa seperti semula nunggu selama satu bulan,” katanya.

Ia bersyukur meski jamaah membludak tidak terjadi insiden apapun. “Tapi saya bersyukur mas, dari awal acara sampai akhir di alun-alun aman,” pungkasnya. (ros/fyd)