8 Foto Unik ‘Cocokan’ Untuk Rayakan Mauludan

15004

Pasuruan (wartabromo.com) – Peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW atau maulid Nabi yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul awal penanggalan hijriyah, dirayakan oleh umat muslim Indonesia dengan beragam cara. Perayaan maulid nabi diperingati dengan menggelar tasyakuran di Masjid, langgar atau mushollah bahkan kenduri dari rumah ke rumah. Mereka menggelarnya dengan membaca barjanzi, sholawat nabi atau Diba’.

Salah satu yang menarik dan selalu menjadi perhatian adalah sajian makanan atau buah – buahan yang dihias sedemikian rupa. Perkembangan jaman mengubah gaya sajian untuk tasyakuran yang dulunya menggunakan cobek dari tanah liat menjadi model barang yang beraneka macam.

Tak hanya itu, penataan sajiannya pun bervariasi sesuai dengan tradisi wilayah masing – masing untuk memeriahkan peringatan maulid nabi setiap tahunnya. Tradisi ini berlangsung turun temurun terutama di kalangan Nahdliyin atau warga NU.

Baca Juga :   Duo Gus Berpeluang Jadi Calon Tunggal

Berikut foto – foto menarik seputar perayaan maulid nabi dan aneka tumpeng buah atau yang dikenal dengan sebutan cocokan/Cocoghen dari berbagai daerah yang diupload sejumlah akun di laman FB pribadinya :

1. Model Wajan

7

2.  Model Kaleng Plastik

14

3.  Model Bendera Uang

9

4. Model Rak

FB_IMG_1481506248600

5. Model Minuman dan Minyak Goreng

15

6. Model Pohon Pisang

16

7. Model Payung

17

8. Model Gantung (biasanya untuk diperebutkan usai membaca sholawat)

13