Material Vulkanis Bromo Ditemukan di Radius 1 Kilometer

737

Sukapura (wartabromo.com) – Erupsi Gunung Bromo yang saat ini berstatus waspada terus menggeliat. Buktinya, dalam beberapa hari terakhir terjadi lontaran material vulkanik di radius 1 kilometer dari bibir kawah.

“Kami menemukan material baru yang dilontarkan dari dalam kawah. Kami pastikan itu material baru karena masih terlihat bersih belum bercampur debu,” ujar Babinsa Desa Ngadisari Serma Nurhuda Dodik, Rabu (14/12/2016).

Menurut anggota Koramil 0820/07 Sukapura ini, peristiwa yang paling mengerikan terjadi pada Senin (12/12/2016) sekitar pukul 05.30, dimana terjadi lontaran material berupa bola api naik ke atas seperti berputar menyala merah.

material vulkanik gunung bromoMaterial ini terlontar bersamaan dengan asap yang naik dari kawah Gunung Bromo. Lontaran itu kemudian menyebar ke beberapa titik namun berwarna merah, ungu, biru dan beberapa warna yang lain.

Baca Juga :   Panitia Ujian Nasional 2016 Dikukuhkan

“Sekitar setengah jam kemudian saya bersama warga kemudian menuju lokasi kawasan naik sekeliling kawah sampai ke puncak kawah gunung Bromo, dan mendapati beberapa bebatuan yang baru terlontar itu,” tuturnya.

Sementara berdasarkan hasil pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pos pengamatan gunungapi Bromo, lontaran material tersebut tidak teramati. Karena kondisi disekitar gunung Bromo yang mempunyai ketinggian 2329 mdpl, sedang terjadi hujan. Sementara tremor dengan amplitudo maksimal (amax) antara 0.5-6 mm, dominan 1 mm.

“Erupsi Gunung Bromo belum stabil, karenanya masyarakat dan wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 kilometer dari kawah aktif. Sebab sewaktu-waktu terjadi lontaran material dari dalam kawah yang membahayakan keselamatan manusia,” ujar salah satu pengamat gunung api Bromo Nur Hidayat. (saw/yog)