Menikmati Rindangnya Pohon Cemara di Pantai Duta Paiton

2424

Paiton (wartabromo.com) – Keindahan panorama Pantai Duta Paiton dengan barisan pohon cemaranya yang mengundang nuansa rindang menjadi daya tarik tersendiri. Pantai Duta merupakan salah satu objek wisata pantai yang patut anda kunjungi.

Bagi anda yang ingin melepas rasa jenuh ditengah padatnya aktivitas sehari-hari, bersantai dibawah pohon cemara bisa menjadi referensi. Sambil memandangi liuk ombak di pinggir pantai sepertinya akan sedikit merefresh fikiran. Atau bermain diatas lembutnya hamparan pasir bersama teman dan keluarga tercinta tentu akan menjadi hari-hari yang menyenangkan.

“Cukup nyaman untuk berlibur bersama keluarga dan teman-teman. Pantainya bersih dan rindang dengan pohon cemara, sehingga kita bisa berteduh dan menikmati hembusan angin,” kata salah satu pengunjung Zulkifli.

IMG-20170121-WA0028

Pantai Duta terletak di Dusun Tokangan, Desa Randutatah, Kecamatan Paiton. Jarak pantai cemara ini, dari jalan Pantura Probolinggo-Banyuwangi sekitar 3 km atau dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit.

Tak seperti tempat wisata pada umumnya, untuk dapat menikmati keindahan pantai Duta, pengunjung tak perlu membeli tiket masuk. Artinya harga tiket masuk menuju pantai cemara ini gratis. Oleh pengelola wisata, pengunjung hanya diminta untuk mendonasikan dana untuk kebersihan lingkungan. Untuk kendaraan bermotor roda dua, cukup menyediakan Rp. 5 ribu, mobil Rp. 10 ribu dan untuk minibus atau truk dikenakan jasa sebesar Rp. 15 ribu.

“Kami hanya memungut jasa kebersihan. Dana itu juga untuk mengetahui petugas yang menjaga parkir kendaraan agar lebih aman,” kata Abdul Azis, pengelola pantai Duta.

Selain menikmati rindangnya cemara, tak juah dari lokasi pantai juga terdapat tempat wisata lainnya yang tak kalah asyiknya. Adalah Mangrove Center, sebuah hutan mangrove sebagai salah satu konservasi yang ada di Probolinggo. Selain sebagai cagar alam, Mangrove Center juga menjadi Eduwisata dan Wisata Bumi Perkemahan.

Keindahan alam dengan nuansa pantai yang lebih sejuk dibawah pohon cemara, membuat tempat wisata yang satu ini cukup ramai dengan pengunjung.
Saat anda berkunjung ke pantai cemara atau ke Mangrove Center, jangan sampai meninggalkan sampah disana. Mari budayakan membuang sampah pada tempatnya. (saw/saw)