Kyai, Cahaya dan Tangga Langit

3219

“Kita sebagai santri dan murid, jangan sampai ikut-ikutan berperilaku kurang santun seperti pelajar di sekolah-sekolah biasa. Jangan sampai terpengaruh oleh isu kesamaan derajat dan hak asasi manusia. Memang benar Nabi tak pernah menganggap para sahabat sebagai murid beliau, itu adalah bukti jika ahlak Nabi begitu sempurna. Tapi, Nabi pernah bersabda bahwa orang yang menyakiti gurunya atau dalam kultur kita kiai, akan mati tanpa membawa iman alias kafir.”

“Memang benar derajat manusia itu sama di sisi Allah, tapi karena ulama kita telah berjasa begitu besar, Allah pun –melalui Nabi—memerintahkan agar kita memulyakan ulama”

“Apalagi, sudah terbukti, ahlak yang diajarkan para ulama salaf jauh lebih suci daripada etika ajaran para cendekiawan saat ini. Kenapa begitu, karena para ulama lebih mengerti seluk-beluk masalah rohaniyah daripada para cendekiawan. Karena para ulama menyandarkan teori-teori beliau pada wahyu, sedangkan para cendekiawan hanya mengandalkan akal atau filsafat yang kadang salah”

Baca Juga :   Ada 12 Kepsek Disinyalir Ikut Kampanye Bumbung Kosong

Penulis : Abdur Rozaq