Aksi Solidaritas Petani Kendeng, Mahasiswa PMII Pasuruan Sholat Goib dan Teatrikal

608

Pasuruan (wartabromo.com) – Puluhan Kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pasuruan menggelar aksi peduli Kendeng di depan Kantor Pendopo Kabupaten Pasuruan, Jumat (24/3/2017) sore.

Aksi ini dilakukan dengan cara mendatangi kantor Pendopo Kabupaten Pasuruan sambil berorasi dan menggelar aksi teatrikal serta sholat gaib.

Dalam orasinya, para mahasiswa ini meminta agar pemerintah peduli dan membela rakyat miskin terutama kaum petani.

Mereka menganggap apa yang telah dilakukan oleh pemerintah yang mengeluarkan ijin baru terhadap pendirian pabrik semen di Kendeng Jawa Tengah adalah bukti ketidak berpihakan kepada para petani.

IMG-20170324-WA0159

“Pertama kami mengucapkan berduka cita atas meninggalnya ibu Patmi Kendeng dan mengutuk keras terhadap pelanggaran HAM yang dilakukan penguasa dzolim,” kata Heri Sutiro, korlap aksi.

Selain itu, para mahasiswa ini mendesak agar pemerintah segera merampungkan permasalahan dan pelanggaran HAM yang ada di negara ini.

“Pemerintah harus segera merampungkan permasalahan HAM yang kerap menjadikan petani sebagai korban entah itu oleh pihak swasta maupun negara. Pemerintah harus selalu memperhatikan rakyat dalam mengambil kebijakan,” tuturnya.

Aksi tersebut juga diwarnai dengan treatrikal para petani yang merendam semen kaki. Peserta aksi juga melakukan sholat gaib dan tahlil sebagai bentuk bela sungkawa kepada Patmi yang meninggal dunia karena serangan jantung. (ros/yog)