Jusuf Kalla Bakal Resmikan Proyek SPAM Umbulan pada 20 Juli 2017

1233

Winongan (wartabromo.com) – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, direncanakan melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Pasuruan untuk melakukan peresmian (Ground Breaking) kegiatan awal pembangunan kontruksi Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Umbulan, pada Kamis, 20 Juli 2017 mendatang.

Selain sejumlah pejabat terkemuka seperti Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, kehadiran Jusuf Kalla ke Umbulan juga bakal disambut langsung Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, di lokasi Umbulan untuk selanjutnya bersama-sama melakukan rangkaian acara peresmian mega proyek Umbulan ini.

Berikut jadwal rencana kunjungan kerja ke Umbulan pada Kamis 20 Juli 2017 :

  • 07.30 WIB : Wakil Presiden RI menumpang pesawat Boeing 737-400 TNI AU menuju Surabaya;
  • 08.50 WIB : Tiba di bandara internasional Juanda Surabaya disambut oleh Gubernur Jatim, Ketua DPRD Jatim, Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim serta Danlanud Surabaya;
  • 09.00 WIB : Wapres RI didampingi Gubernur Jatim menggunakan helikopter menuju lapangan TNI AU Raci Pasuruan;
  • 09.25 WIB : Tiba di lapangan Raci Pasuruan disambut oleh Bupati Pasuruan, selanjutnya Wapres RI dan rombongan berkendara mobil menuju Umbulan, Pasuruan;
  • 09.50 WIB : Tiba di Umbulan Pasuruan, disambut oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan ketua Panitia;
  • 09.55 WIB : Wapres RI didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Gubernur Jatim dan ketua Panitia menuju Tempat acara;
  • 10.00 WIB : Ground Breaking pembangunan kontruksi Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Umbulan.
Baca Juga :   Partai NasDem Optimis Lolos Parliamentary threshold

Diketahui, Proyek SPAM Umbulan diperkirakan akan menelan biaya sekitar Rp 4,51 trilyun, dianggap sebagai salah satu proyek strategis nasional sebagaimana keputusan Presiden dalam Perpres RI nomor 3 tahun 2016.

Pemerintah selanjutnya bakal mengeluarkan dana untuk invesatsi sebesar Rp 2,05 trilyun sedangkan sisanya dipenuhi oleh pihak swasta dari Grup Medco yakni PT Meta Adhy Tirta Umbulan sebagai pelaksana.

Realisasi diwujudkan dalam bentuk Kerjasama Pemerintah dan Swasta (KPS) dengan skema jaminan pembayaran berbentuk Viability Gap Fund (VGF).

Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan akan memasok air bersih perpipaan di Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik.

Pengerjaan fisiknya disebut-sebut akan segera dilakukan karena telah ada penandatanganan kesepakatan proses kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU) pada 11 April 2017 lalu di Surabaya.

Baca Juga :   Hujan Deras, Pantura Bangil Lumpuh

Dalam kesepakatan tersebut waktu konstruksi pipa bakal dituntaskan dalam kurun dua tahun sudah harus menyambung ke lima daerah wilayah Propinsi Jawa Timur itu. (ono/ono)