17 Purnawirawan Polisi Dilepas Dengan Becak Hias

786


Pajarakan (wartabromo.com) – Sebanyak 17 anggota di jajaran Polres Probolinggo, hari ini memasuki purna tugas. Uniknya untuk melepas purnawirawan itu, polres setempat menggelar upacara khusus, yakni diarak dengan becak hias.

Upacara pelepasan di gelar di halaman Mapolres Probolinggo, Senin (18/9/2017), dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP. Arman Asmara Syarifuddin. Ia mengatakan, upacara purna tugas merupakan penghargaan kepada semua purnawirawan, atas dedikasi dan pengabdian tanpa cacat mereka selama di Polri.

Seusai upacara purna tugas, 17 anggota itu melewati pedang pora. Selanjutnya menaiki becak hias yang dikayuh oleh Kapolres Probolinggo, Waka Polres serta dan Perwira lainnya. Mereka diarak berkeliling halaman Mapolres.

Dari belasan anggota itu, ada dua orang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkugan Polri. Sementara pengabdian terlama di Polri mencapai 39 tahun, yakni AKP Mustadji dengan jabatan terakhir sebagai Kapolsek Lumbang. Ada juga IPTU Agus Wiyanto yang menjabat Kanit Intel Polsek Kraksaan, dan Kanit SPKT Polsek Kuripan, IPDA Pamudji.

 

“Saya ucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu yang telah selesai mengabdikan diri kepada institusi Kepolisian. Wisuda purna ini adalah penghargaan kami, juga sebagai wujud silaturrahim agar persaudaraan tetap terjalin meski sudah tidak dalam satu instritusi,” ujar Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin.

Tak hanya itu, pria kelahiran Sulawesi Selatan itu, menuturkan bahwa purna bakti ini menjadi penyemangat bagi mereka untuk terus mengabdi kepada masyarakat. “Terimas kasih sudah bertugas dengan pemberhentian secara hormat, semoga pengadian di Polri tetap bisa dilakukan kepada masyarakat,” tandas mantan Kasubdit III Ditresnarkoba Polda Metro Jaya ini.

Sementara itu, AKP. Mustadji, salah satu anggota yang purna tugas, mengaku bersyukur kinerjanya selama ini dinilai baik. Sehingga dilepas secara hormat oleh Kapolres Probolinggo. “Saya bangga dan bersyukur kinerja saya dianggap baik sejak awal menjadi polisi hingga purna tugas. Mudah-mudahan saya tetap dapat mengabdi kepada masyarakat, seperti saat menjadi anggota polri,” ujar purnawiraawan yang akan beralih profesi menjadi lawyer ini. (saw/saw)