Polisi Belum Pastikan Penyebab Mobil Rush Terhenti di Tengah Rel Perlintasan Nguling

1263

Pasuruan (wartabromo.com) – Polisi masih belum memastikan penyebab kendaraan yang tiba-tiba mogok saat melaju di perlintasan tanpa palang pintu di Nguling, Pasuruan. Namun demikian, tiadanya rambu peringatan dini disebut menjadi salah satu sebab, mobil Toyota Rush tertabrak kereta.

Kanit Laka Satlantas Polres Pasuruan Kota Ipda Heri Purnomo mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi.
Terutama kepada warga yang sempat menyaksikan langsung peristiwa kecelakaan maut ini.

Dalam pemeriksaan, polisi secara utuh belum mendapatkan kepastian terkait kronologi hingga penyebab kecelakaan. Utamanya adalah bagaimana mobil Rush tersebut tiba-tiba terhenti seakan mogok di tengah rel di perlintasan tersebut.

“Korban belum bisa kami mintai keterangan. Berdasarkan kesaksian warga, kecelakaan ini karena rombongan tidak mengetahui ada kereta melintas,” kata Heri Purnomo.

Baca Juga :   Ombak Besar, Kapal Tongkang Tabrak Dermaga di Probolinggo

Selain itu, indikasi kuat kejadian, karena minimnya rambu peringatan dini, yang menandakan ada kereta hendak melintas.

Dituturkan, perlintasan KA tanpa palang pintu sangat membahayakan, jika kereta yang hendak melintas tidak disertai tanda.  Sehingga, kemungkinan besar terjadi kecelakaan lalu lintas cukup tinggi.

“Kami juga susah kalau tidak ada palang pintunya. Mau mengatur ya bagaimana, toh banyak perlintasan yang tidak ada palang pintunya,” ungkapnya.

Ditegaskan, pihaknya sudah beberapa kali koordinasi dengan pihak KAI.  Ia mengusulkan untuk menyediakan palang pintu di setiap perlintasan KA. Pasalnya, jika tetap dibiarkan akan ada banyak kecelakaan yang bisa menimbulkan korban jiwa. “Tapi belum ada respon, Padahal, sudah saya ajukan setidaknya meski tidak ada palang pintu, ada lampu sudah cukup,” tambahnya.

Baca Juga :   Jalin Matra "Rangkul" Ratusan Janda di Pasuruan agar Lebih Mandiri

Diungkapkan kemudian dalam sebulan terakhir, tercatat sudah ada dua kejadian laka lantas dengan melibatkan kereta api. “Semoga sudah tidak ada lagi kejadian ini terulang,” harapnya.

Diwartakan, sebuah mobil tertabrak kereta api diperlintasan tak berpalang pintu di Dusun Sumursawah, Desa Sedarum, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, (21/9/2017). Toyota rush bernopol N-1018-WD putih berpenumpang empat orang tersebut berhenti seperti mogok, tepat di tengah rel. (man/ono)