Pemkab Pasuruan Alokasikan Rp 6,4 M untuk Pengamanan Pilkada

989

 

Pasuruan(wartabromo.com) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan mengalokasikan dana hibah untuk pengamanan Pilkada 2018 di sebesar Rp 6,4 Milyar. Jumlah tersebut terbagi untuk Polres Pasuruan dan Polres Pasuruan Kota serta Kodim 0819 Pasuruan.

Pemberian dana tersebut sesuai dengan Naskah Pemberian Hibah Pemerintah Daerah (NPHD) yang telah ditandangani bersama antara Pemkab Pasuruan dengan ketiga institusi itu, kemarin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasuruan, Agus Sutiadji mengatakan, anggaran tersebut merupakan tugas dari Undang-Undang yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, untuk Pilkada pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

“Pemda memiliki kewajiban untuk membiayai dalam bentuk hibah, demi kelancaran dan kesuksesan Pilkada itu sendiri,” kata Agus saat dihubungi via telepon, Kamis (11/01/2018).
Ditambahkannya, anggaran tersebut diperuntukkan sebagai Operasional Pengamanan Tahapan Pemilu 2018 di Pasuruan.

Baca Juga :   Sabu Asal Madura Masuk Ke Probolinggo, 7 Pelaku Sindikat Dibekuk

Dijelaskan, dari jumlah tersebut, terbagi menjadi Rp 4,1 Milyar untuk Polres Pasuruan, Rp 1,5 Milyar untuk Polres Pasuruan Kota dan Rp 800 juta untuk Kodim 0819 Pasuruan.

Dengan dana tersebut, Agus berharap agar seluruh pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Pasuruan berlangsung lancar, aman dan Demokratis, sebagaimana tujuannya.

“Bagaimanapun juga ini adalah mekanisme 5 tahunan, kami juga berharap semua komponen bisa turut mendukung jalannya Pilkada di Kabupaten Pasuruan ini,” imbuh pria penghobi golf ini.

Di sisi lain, Kapolres Pasuruan ,AKBP Raydian Kokrosono, mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan, yang mengalokasikan anggaran Pengamanan Pilkada di Kabupaten Pasuruan. Menurutnya Polri, TNI dan unsur lainnya, harus padu hadapi pesta demokrasi.

Baca Juga :   Bromo Aman, BPBD Minta Jangan Dibesar-besarkan

“Ini merupakan tanggung jawab moril kami dalam pelaksanaan Pengamanan untuk menciptakan Pilkada di Pasuruan berjalan dengan aman dan lancar,” ucapnya. (mil/ono)