Pacu Minat Baca, Bhabinkamtibmas Dibekali Buku

0
318

Probolinggo (wartabromo.com) – Polres Probolinggo membekali Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) buku bacaan. Harapannya, perpustakaan keliling itu memacu minat baca siswa dan masyarakat.

Kapolres Probolinggo AKBP. Fadly Samad mengatakan, kendaraan Bhabinkamtibmas yang dimiliki dibuat multifungsi, dengan dijadikan Perpusatakaan Keliling dan Digital Wireless Portable.

“Kami berinisiatif membudidayakan gerakan membaca untuk mencetak generasi emas. Karenanya, motor ini dilengkapi dengan perpustakaan. Satu unit motor itu bisa membawa 50 buku bacaan dan tiap minggu bisa ganti buku bacaan baru,” tutur Kapolres.

Saat ini, baru ada 9 unit kendaraan motor Bhabinkamtibmas yang difungsikan. Kesemuanya merupakan kendaraan yang baru diterima dari Mabes Polri. Rencananya, seluruh kendaraan Bhabinkamtibmas akan dilengkapi fasilitas yang sama. Setidaknya polres membutuhkan 289 unit motor Bhabinkamtibmas. Sementara saat ini, Polres Probolinggo baru memiliki 140 unit motor Bhabinkamtibmas.

“Karena setiap satu desa satu Bhabinkamtibmas. Sekarang masih ada separonya. Nantinya kita lakukan secara bertahap dengan menggandeng Dinas Perpustakaan Daerah. Sehingga peran Bhabinkamtibmas bisa lebih dirasakan oleh masyarakat. Bhabinkamtibmas juga bisa lebih dekat dengan masyarakat,” ujarnya.

Untuk melengkapi kekurangan itu, Kapolres Probolinggo mengaku sudah mengajukan bantuan ke Polda. “Kami masih akan mengajukan pada Bapak Kapolda terkait program ini. Supaya setiap desa ada satu unit motor Bhabinkamtibmas yang dilengkapi perpustakaan,” tandas mantan Kapolres Tuban ini. (saw/saw)