Kawanan Maling Gagal Buka Brankas Konter di Probolinggo

1011

Probolinggo (wartabromo.com) – Kawanan pencuri menyatroni sebuah konter handphone (HP) di jalan raya Besuk, Desa Alaskandang, Kecamatan Besuk, Rabu (31/1/2018). Usaha untuk membobol brankas berisi puluhan HP gagal dilakukan, dan hanya berhasil membawa satu HP bekas.

Peristiwa itu diperkirakan terjadi pada Rabu dini hari, namun baru diketahui oleh Imamuddin (38), pemilik konter Iphone Cell, pada pukul 9.00 WIB. Saat itu, ia hendak membuka konter yang berada di timur jalan raya itu. “Saya gak curiga, karena rolling door depan tidak ada yang rusak. Tetapi ketika masuk, ternyata atap konter jebol,” ujar Imam.

Karenanya ia kemudian memeriksa seluruh isi bangunan berukuran sekitar 4×3 meter itu. Diketahui satu unit HP bekas, 20 batere dan puluhan aksesoris raib digondol maling.

Beruntung, maling nekat itu tak berhasil membuka brankas yang berisi 30 HP dan 1 unit laptop. Sehingga Imam tak mengalami kerugian yang sangat besar.

“Biasanya ada yang jaga. Namun karena malam itu hujan lebat, dia gak datang. Mungkin keadaan tersebut yang digunakan oleh pelaku untuk melancarkan aksinya. Kalau tempat saya ini sudah sering kali disatroni maling, ya sekitar lima kali,” kata warga Desa Randujalak ini.

Berdasarkan penyelidikan anggota Polsek Besuk, pelaku melancarkan aksinya melalui belakang konter. Dengan menaiki tembok, pelaku lalu membobol atap konter. “Kami telah melakukan identifikasi dan mendengarkan keterangan saksi-saksi. Dugaan sementara, pelaku adalah orang sekitar daerah ini,” kata Kanitreskrim Polsek Besuk, Bripka Fajar Listiawan. (saw/saw)