Domba Gigitan Anjing Liar di Probolinggo Dikubur untuk Hindari Penyakit

997

Probolinggo (wartabromo.com) – Warga mengubur domba yang mati untuk mencegah penularan penyakit. Pasalnya, warga khawatir domba itu terinfeksi virus yang dibawa anjing liar.

Selasa sore (27/2/2018), Jamali bersama warga Kelurahan Wiroborang, KecamatanMayangan, Kota Probolinggo, mengubur domba-dombanya. Hewan ternak itu, dikubur jadi satu di lubang sedalam 1,5 meter, tak jauh dari kandang.

Penguburan itu, dilakukan oleh warga agar bau bangkainya tidak menyebar ke pemukiman. Selain itu, dikhawatirkan domba-domba yang mati terjangkit virus yang dibawa oleh anjing liar yang menggigitnya. Warga, tak ingin penyakit yang dibawa anjing liar seperti rabies, menular kepada masyarakat. Karena nantinya menjadi wabah yang menyerang warga.

Kematian domba itu, jelas merugikan Jamali yang tertimpa musibah tersebut. Pemilik berharap ada bantuan dari pemerintah, mengingat kematian domba itu disebabkan gigitan anjing liar, bukan mati sendiri. “Ya berharap ada bantuan dari pemerintah. Tadi kan saya memberitahu kepada mereka agar mengerti,” ujar Jamali, pemilik domba.

Diprediksi jumlah domba yang mati akan bertambah. Sebab hingga Selasa sore, jumlah domba yang sekarat masih belum sehat. (lai/saw)