Bule Hungaria Ikut Bersihkan Pure Luhur Poten

799


Probolinggo (wartabromo.com) – Jelang perayaan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 17 Maret mendatang, warga Suku Tengger melakukan bersih-bersih di Pura Luhur Poten. Selain warga, bule asal Budapest Hungaria, juga ikut membantu membersihkan Pure.

Area Pure yang dibersihkan adalah di Mandala Madya, Mandala Nista serta di luar pure. Sementara untuk Mandala Utama, tidak dilakukan pembersihan. Sebab area tersebut tidak boleh dimasuki oleh sembarang orang, kecuali umat yang hendak beribadah.

“Sebenarnya saya dan istri datang kesini untuk menikmati Bromo. Namun, ketika tahu ada umat Hindu yang sedang mempersiapkan ritual keagamaannya, maka kami ikut bergabung. Ya sungguh menakjubkan, mendapat pengalaman yang belum pernah saya dapat ketika mengunjungi negara-negara lain,” tutur Andrew, wisatawan Budapest Hungaria.

Sunomo, Parumman Walaka atau penasihat pengurus harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Probolinggo, menuturkan Bersih-bersih ini sebagai persiapan menyambut tahun baru 1940 Saka.

“Jadi sebelum kita menyucikan diri, maka tempat-tempat peribadatan terlebih dahulu dibersihkan. Selain di Pure Luhur Poten ini, di setiap Pure desa yang ada di sekitar Bromo ini dilaksanakan bersih-bersih,” kata Sunomo.

Selain warga Suku Tengger, ratusan orang yang terdiri atas anggota Polres Probolinggo dan komunitas Forum Sahabat Gunung (FSG), Patra, Bromo Lovers, dan Artpala, juga ikut kerja bakti. Kerja bakti ini dilakukan sebagai bentuk toleransi antar umat beragama di Kabupaten Probolinggo. Sehingga diharapkan ke-Bhineka-an dalam bingkai NKRI tetap terjaga.

“Diharapkan umat Hindu Tengger khusuk dalam menjalankan ibadahnya. Ini menjadi program prioritas kami. Sebagai bentuk perwujudan dari upaya memberikan rasa aman kepada masyarakat,” kata Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad. (saw/saw)