Lambat Serahkan Desain, APK di Probolinggo Belum Terpasang

943

Probolinggo (wartabromo.com) – Pemasangan alat peraga kampaye (APK) Pemilihan Bupati (Pilbup) Probolinggo mengalami keterlambatan. Selain masih proses tender, juga dikarenakan pasangan calon (Paslon) terlambat menyerahkan desain alat peraga kampanye ke KPU.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, M. Zubaidi, menuturkan ada beberapa faktor yang mengakibatkan keterlambatan pencetakan APK. Salah satunya pada proses awal proses penyerahan desain APK. Ada keterlambatan penyerahan desain APK, yang seharusnya diserahkan pada tanggal 17 Februari 2018, ternyata diserahkan pada Maret. Artinya tim Paslon menyerahkan desain melebihi batas yang telah di tentukan.

“Keterlambatan ini juga terjadi hampir di semua daerah yang mengadakan pilkada. Sehingga ini bisa disebut permasalahan nasional dan ini masih bisa ditoleransi,” kata Zubaidi, Minggu (25/3/2018).

Baca Juga :   Koran Online 29 Maret : Nenek Kehilangan Emas Usai Diiming-imingi Bantuan Jokowi, hingga Wanita Ini Cari Suami Hilang ke RS

Saat ini, desain APK yang diserahkan ke KPU dalam proses pencetakan oleh rekanan pemenang tender. Sehingga dalam waktu dekat, KPU sudah bisa menyerahan APK paslon kepada tim kampanye.

“Meskipun APK dari KPU belum terpasang, maka timses pasangan calon diperbolehkan untuk memasang APK dari tim. Tentunya pemasangan itu disesuaikan dengan di titik-titik yang telah ditentukan oleh kami,” ujar komisioner KPU 3 periode itu. (cho/saw)