4 Anjal Digaruk Pol PP Probolinggo Saat Ngelem

459

Probolinggo (wartabromo.com) – Empat ABG digaruk anggota Satpol-PP Kabupaten Probolinggo di Stadion Gelora Merdeka, Desa Kebonagung, Kecamatan Kraksaan, Senin (26/3/2018). Pasalnya, mereka kedapatan ngelem (menghirup lem untuk mabuk) di ruang publik.

Tengah asyik menghirup aroma lem, 7 anak jalanan (anjal) yang sering beroperasi di perempatan atau traffic light di Kota Kraksaan digrebek oleh Dinas Satpol-PP Kabupaten Probolinggo, pojok Stadion Gelora Merdeka. Sayang hanya empat dari mereka yang berhasil diamankan, sementara sisanya berhasil kabur dari kepungan petugas.

Keempatnya adalah SV (16), warga Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi; RG (16), warga Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo; FK (16), warga Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo; FR (16), warga Desa Kalikajar Wetan, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

“Masyarakat setempat resah dengan adanya anjal yang sering mabuk karena menghirup lem. Karena itu kami kemudian mendatangi lokasi. Ternyata laporan itu benar adanya. Saat itu ada tujuh anjal, namun hanya empat yang berhasil kami amankan,” ujar Kanit TRC Satpol-PP Kabupaten Probolinggo, Budi Utomo.

Rata-rata para anjal itu, sudah putus sekolah. Sementara satu anjal yakni FR masih tercatat sebagai siswa sekolah menengah atas (SMA) swasta di Kecamatan Paiton. Dari keempatnya, ada anjal perempuan yang sudah wira-wiri di berbagai kota di Jawa Timur.

“Beberapa hari yang lalu dari Malang. Kemudian pulang ke Banyuwangi, terus balik lagi ke sini,” ujar SV, satu-satunya anjal wanita yang terciduk.

Pol PP berharap masyarakat terus proaktif dalam menangani anjal-anjal. Sebab, tanpa adanya peran aktif warga, maka penanganan anjal tidak akan maksimal. (cho/saw)