Gus Ipul Janjikan Kesejahteraan Guru Madin

741

Probolinggo (wartabromo.com) – Saifullah Yusuf menjanjikan perbaikan taraf hidup para guru madrasah diniyah (madin). Janji itu dilontarkan saat bertemu dengan ratusan guru madin di Kabupaten Probolinggo, Kamis (26/4/2018).

Pria yang karib dipanggil Gus Ipul itu, menilai guru madin sangat sentral dalam membentuk karakter anak bangsa. Namun, honor mereka tak sebanding dengan jerih payahnya. Kesenjangan sosial itu begitu nyata ketika honor mereka dibandingkan dengan guru sekolah negeri. “Guru madin memiliki peran penting dalam mengajarkan ilmu agama kepada masyarakat. Terutama di kalangan para remaja dan anak anak baik di madrasah maupun di pondok pesantren,” katanya.

Karenanya sebagai Cagub Jawa Timur, ia telah merancang sebuah program pemerataan kesejahteraan. Program itu tertuang dalam ‘program kabeh sedulur kabeh makmur’. Dalam program itu, ada upaya meningkatkan SDM, dengan cara meningkatkan mutu pendidikan. Kemudian pembenahan infrastruktur madrasah yang harus layak bagi para santri.

“Termasuk kesejahteraan guru madrasah Diniyah yang merupakan guru non PNS perlu untuk disejahterakan,” ujarnya kepada ratusan guru madin yang menyambutnya dalam safari politik di Desa Mentor, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

Menurut Cagub nomor urut 2 itu, upaya meningkatkan taraf hidup guru masih sebenarnya telah ia lakukan sejak 10 tahun menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur. Namun, karena keterbatasan kewenangan, ia belum mampu memberikan yang terbaik. Nah, saat ini merupakan momentum untuk mencurahkan segala ikhtiar agar guru madin lebih sejahtera.

“Termasuk mengenai bantuan honor guru untuk Madin dan Bosda untuk para santri Madin. Tinggal kita berupaya meningkatkan bantuan tersebut,” ungkap pria yang berpasangan dengan Puti Guntur Soekarno itu. (fng/saw)