Jokowi Targetkan Tol Pasuruan-Banyuwangi Tersambung 2019 Akhir

1841

Pasuruan (wartabromo.com) – Presiden Joko Widodo menargetkan pembangunan Jalan Tol Pasuruan hingga Banyuwangi rampung pada akhir 2019, Jum’at (22/6/2018). Terdekat pada akhir tahun ini, Jalan Tol dari Merak, Provinsi Banten sampai Pasuruan, Jawa Timur sudah dapat dioperasionalkan.

Hal itu ditegaskan langsung oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut saat meresmikan tol Rembang-Pasuruan (tol Gempol-Pasuruan seksi II), Jumat (22/6/2018) siang tadi.

“Kita melihat satu persatu pembangunan jalan tol telah dikerjakan. kita harapkan nanti dari Merak sampai Pasuruan operasional pada akhir tahun 2018 dan dilanjutkan terus sampai Banyuwangi. Insya Allah akan kita selesaikan di akhir 2019,” Ujar Jokowi.

Seperti diketahui, Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) merupakan bagian dari jalan Tol Trans Jawa memiliki ruas tol sepanjang  34,15 kilometer. Tol Gempas terdiri dari tigas seksi. Seksi I, Tol Gempol-Rembang memiliki panjang 13,9 kilometer yang sudah dioperasionalkan sejak 2017.

Baca Juga :   Lokasi Farhan Berenang Sebelum Tenggelam Disebut Area Terlarang

Sedangkan Jalan Tol Rembang-Pasuruan yang diresmikan pada hari ini merupakan bagian dari Jalan Tol Gempol-Pasuruan Seksi II,
telah dioperasikan secara fungsional pada arus mudik Lebaran tahun ini. Sementara, Seksi III, adalah Pasuruan-Grati memiliki panjang 13,65 kilometer saat ini masih dalam tahap pelaksanaan.

Total investasi untuk membangun proyek Tol Gempol-Pasuruan ini mencapai Rp 4,03 triliun, dengan PT Jasa Marga Gempol Pasuruan sebagai pemegang konsesi. (wil/ono)