Wah! Ranu Pani di Lumajang Bersalju

4290
Tumbuhan di Ranu Pani diselimuti salju, Rabu (25/7/2018). (Foto : Istimewa)

Lumajang (wartabromo.com) – Hamparan tumbuhan di objek wisata Ranu Pani, di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang muncul salju, Rabu (25/7/2018). Rendahnya suhu udara diperkirakan menjadi salah satu sebab peristiwa langka ini.

Sukaryo, Pecinta Alam Semeru mengatakan, objek wisata Ranu Pani pada Rabu pagi sekitar pukul 06.00 WIB, bersuhu 0 derajat celcius. Suhu yang begitu rendah ini menyebabkan objek wisata di Lereng Semeru ini dingin dan memunculkan embun es mirip salju disekitaran danau tersebut.

“Ada embun es di sekitar danau Ranu Pani, sampai jam 8-9 pagi,” tutur Cak Yo (sapaan akrabnya).

Dinginnya suhu ini dikatakan dapat menghambat wisatawan yang akan mendaki di Gunung Semeru, atau yang hanya berwisata di sekitar ranu. Cak Yo menyarankan pendaki untuk melengkapi perjalanannya dengan pakaian yang tebal.

Tumbuhan di Ranu Pani diselimuti salju, Rabu (25/7/2018). (Foto : Istimewa)

“Bagi yang mau ke Semeru atau Ranu Kumbolo, untuk melengkapi perlengkapan dengan jaket yang tebal atau sejenisnya,” imbunya.

Menurut informasi, embun es mirip salju ini biasanya muncul ketika musim pancaroba, dari penghujan menuju kemarau. Pada saat itu, suhu cuaca berkisar 0 derajat celcius, bahkan minus. (may/ono)