Wartawan Probolinggo Dicatut Penipu Online

1561

Probolinggo (wartabromo.com) – Agus Purwoko, wartawan koran lokal di Probolinggo, menjadi korban kegiatan jual beli online. KTP miliknya dicatut salah satu penjual kendaraan ATV melalui Facebook (FB).

Selasa (24/7/2018), Agus yang tinggal di Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo itu, mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Probolinggo Kota. Pasalnya, ia merasa dirugikan oleh pemilik akun FB bernama Agus Purwo Showroom (Anugerah Motor Mini. Akun tersebut beralamatkan di Jalan Gatot Subroto, Nomor 15 Kota Probolinggo.

Kepada petugas, pria yang akrab di panggil Gusmo ini menceritakan, dirinya telah dirugikan oleh seseorang dalam akun facebook-nya. Dijelaskan, KTP miliknya dipakai pemilik akun tersebut untuk meyakinkan pembeli. “Dia menggunakan KTP saya untuk menipu,” ujarnya saat di Mapolresta Probolinggo.

Baca Juga :   Pesta Durian Purwosari Jadikan Anwar Sadad Tamu Istimewa

Ia mengaku baru mengetahui KTP-nya digunakan untuk menipu pada Minggu (22/7/2018) kemarin. Sekitar pukul 19.30 WIB, seorang temannya bernama Edwin menelpon dirinya. Saat itu Edwin mengaku dihubungi temannya yang bernama Johan, pemilik toko komputer di jalan Hayam Wuruk, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan. Terungkap, Johan menjadi korban penipuan sebesar Rp 3 juta untuk membeli kendaraan ATV.

Karena itulah pada Senin (23/7/2018) sekitar pukul 13.20 WIB, Gusmo mendatangi Johan untuk bertanya kebenarannya. Ternyata, yang kena tipu bukanlah Johan, melainkan temannya yang bernama Lalu Herianto (36) warga Jalan Pariwisata Otak Kokok- Joben RT 01 Dusun Kilang selatan, Kecamatan Motong Gading, Kabupaten Lombok Timur.

Saat dihubungi, Lalu Herianto membenarkan kalau dirinya telah ditipu oleh seseorang yang dikenalnya di FB, bernama Agus Purwo.

Baca Juga :   Hujan Sejak Pagi, Tanah Longsor dan Banjir Kembali Melanda Pasuruan

Menurut Lalu, uang Rp 3 juta itu ditransfer 2 kali, yakni transfer awal Rp 2 juta, kemudian Rp 1 juta. Uang tersebut sebagai uang muka pembelian kendaraan ATF, kendaraan sepeda motor roda empat. Menurutnya, ia tidak langsung percaya kepada orang yang tidak diketahui alamatnya tersebut.

“Butuh waktu yang agak lama untuk menstransfer uang yang diminta. Saya periksa diakunnya. Banyak yang gak percaya. Tapi banyak pula yang telah membeli ke dia. Ya, akhirnya saya kirim uang,” tutur Gusmo menirukan ucapan Lalu, korban penipuan.

Korban yakin kepada pemilik akun FB Agus Purwo, karena menyertai atau mengirim KTP atas nama Agus Purwoko, warga Kota Probolinggo. Setelah transfer uang, ternyata barang Tak kunjung datang. Selain itu, handphone pelaku tidak aktif.

Baca Juga :   3 Anggota KPU Tes Kesehatan, Rekap Ulang Dimulai Siang

Sehingga Lalu menghubungi Johan dan menanyakan nama Agus Purwoko, yang sekota dengan Johan. Selain itu, Lalu juga mengirim KTP Agus Purwoko.

Nah, ternyata Johan kenal dengan teman Agus Purwoko dari KTP yang dikirimkan oleh Lalu. “Kata teman saya, sudah menghubungi pemilik KTP. Agus Purwoko gak jualan ATV dan tidak pernah menipu orang,” ujar Johan.

Kini kasus itu ditangani oleh Satreskrim Polresta Probolinggo. Belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian mengenai kasus tersebut. (fng/saw)