Handal Brilian Baru Dilantik Tahun Depan

1088
KPU Kota Probolinggo, serahkan berita acara penetapan pasangan Hadi Zainal Abidin- Moch. Soufis Subri (Handal Brilian) sebagai calon terpilih dalam Pilkada Kota Probolinggo 2018, Kamis (26/7/2018). Foto: Sundari AW.

Probolinggo (wartabromo.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo, menetapkan pasangan Hadi Zainal Abidin- Moch. Soufis Subri (Handal Brilian) sebagai calon terpilih dalam Pilkada Kota Probolinggo 2018. Namun pelantikannya baru akan dilaksanakan pada 14 Maret 2019.

Penetapan paslon nomor urut 4 tersebut, dilaksanakan dalam rapat pleno terbuka di Balai Hinggil, Jl. dr. Soetomo Kota Probolinggo, Kamis (26/7/2018). “Hari ini adalah hari terakhir batasan KPU harus menggelar rapat pleno penetapan setelah Senin lalu mendapat surat dari KPU Pusat,” kata Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri, seusai memimpin rapat.

Pria berkacamata ini, mengapresiasi dukungan semua pihak yang telah membantu KPU dalam menyukseskan Pilwali Kota Probolinggo 2018. Terlebih kepada Pemerintah Kota Probolinggo, Polresta dan Kodim 0820 Probolinggo yang telah melaksanakan kewajibannya mendorong partisipasi masyarakat dalam Pilkada Serentak.

Hudri menuturkan meski hari ini paslon Handal Brilian ditetapkan sebagai pemenang, namun mereka tak akan dilantik pada tahun ini. Jika pemenang Pilbup Probolinggo dilantik pada 20 September nanti, maka pemenang Pilwali Probolinggo akan dilantik pada 14 Maret 2019 mendatang. Sebab masa jabatan Walikota Probolinggo Rukmini baru habis pada akhir Januari 2019.

“Tidak tahun ini, berbeda dengan kabupaten. Kalau kabupaten memang masa jabatannya sudah habis dan diisi oleh penjabat sementara. Sedangkan untuk disini, masa jabatan Walikota baru berakhir pada awal tahun depan. Insyaallah Maret tahun depan, sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh pusat. Untuk pelantikannya sudah di ranah DPRD,” jelas Hudri.

Walikota Probolinggo Rukmini tak hadir dalam acara ini. Ia sedang mengikuti kegiatan Rakernas APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) di Tarakan. Sehingga diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Probolinggo, Budiono Wirawan.

Meski begitu, dalam sambutannya, Walikota berharap Kota Probolinggo bisa semakin sukses. “Harapan saya, semoga Kota Probolinggo semakin sukses di masa yang akan datang. Kesejahteraan masyarakat dapat meningkat dan merata serta lebih kreatif dan inovatif,” ujar Walikota sebagaimana disampaikan oleh mantan Kepala Bappeda dan Litbang itu.

Sebagian informasi, Pilkada Kota Probolinggo diikuti empat pasangan calon. Yaitu pasangan Suwito dan Ferry Rahyuwono di nomor urut 1, Fernanda Zulkarnain dan Zulfikar Imawan di nomor urut 2. Kemudian ada pasangan Syamsu Alam dan Kulup Widyono di nomor urut 3, dan pasangan Habib Hadi Zainal Abidin dan Soufis Subri di nomor urut 4. Hasilnya, pasangan nomor 4 dengan akronim Handal Brilian, menang dalam Pilkada Kota Probolinggo. (saw/saw)