Jadi Walikota Probolinggo, Habib Hadi Tak Sarungan Lagi

3150
KPU Kota Probolinggo, serahkan berita acara penetapan pasangan Hadi Zainal Abidin- Moch. Soufis Subri (Handal Brilian) sebagai calon terpilih dalam Pilkada Kota Probolinggo 2018, Kamis (26/7/2018). Foto: Sundari AW.

Probolinggo (wartabromo.com) – KPU Kota Probolinggo telah meresmikan Habib Hadi Zainal Abidin sebagai Walikota Probolinggo terpilih. Penetapan itu akan berperanguh pada penampilan nanti, sehingga ia akan jarang memakai sarung yang identik dengan dirinya.

Dalam penetapan rapat pleno terbuka KPU dengan agenda penetapan Paslon terpilih Pilkada Kota Probolinggo di Bale Hinggil, Kamis (27/7/2018) sore, Habib Hadi akan mengubah penampilannya. Ia mengatakan akan meninggalkan sarung saat beraktivitas sebagai Walikota.

“Saya akan lebih jarang pakai sarung, karena sudah diresmikan KPU,” ujarnya diikuti tertawa para undangan. Hal itu disebutnya harus disampaikan secara gamblang dalam forum resmi. Sebab, dengan latar belakang pesantren, penampilannya kental dengan sarung. Diketahui, politisi PKB ini merupakan pengasuh Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin, pesantren terbesar di Kota Probolinggo.

“Wah, kalau Habib jadi nanti ini sarungan semua. Harus saya sampaikan supaya tidak terjadi opini-opini yang dikembangkan, khususnya oleh partai koalisi yang lain itu. Masih banyak pertanyaan, nanti sarungan segala macam. Itu biasa, gimmick dalam pilkada itu hal yang wajar,” kata Habib Hadi.

Penegasan itu ditunjukkan oleh Habib Hadi saat memberikan sambutan. Dalam sambutan selama 4 menit itu, Habib Hadi memang tak memakai sarung. Pria keturunan Arab itu, mengenakan celana hitam yang dipadu dengan baju batik lengan panjang. Baik Habib Hadi maupun wakilnya, Soufis Subri, juga sama-sama tak mengenakan kopyah. Kontras dengan gambar yang dipakai keduanya saat Pilwali.

Habib Hadi dalam kesempatan itu mengapresiasi kinerja kepolisian. “Terima kasih kepada Kepolisian yang telah bekerja dengan baik sehingga perjalanan pesta demokrasi. Tdak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, yang mencoreng pesta demokrasi yang ada di Kota Probolinggo,” tuturnya.

Sebagai informasi, Habib Hadi pernah tercatat sebagai anggota DPR-RI dari Fraksi PKB. Sebelum itu, ia juga pernah duduk sebagai anggota DPRD Jatim dari PKB. (saw/saw)