Lepas JCH, Sekda Kota Probolinggo Ingatkan Cuaca

1459

Probolinggo (wartabromo.com) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Probolinggo dr. Bambang Agus Suwignyo mengingatkan jamaah calon haji (JCH) agar menjaga kesehatannya. Sebab saat ini cuaca di Makkah Saudi Arabia berkisar diantara 43 derajat celcius.

Himbauan itu disampaikan oleh Sekda saat melepas 218 orang JCH di halaman Kantor Walikota Probolinggo pada Kamis (26/7/2018) sekitar pukul 05.00. Mereka dilepas menuju asrama haji Sukolilo Surabaya dengan menggunakan 5 bus.

“Jaga kesehatan fisik maupun mental. Sebab, dalam berhaji ini dibutuhkan ketahanan fisik,” kata Sekda Agus.

Pria yang juga dokter ini, menuturkan himbauan agar menjaga kesehatan sebab saat ini kondisi cuaca di tanah suci sangat panas. Saat ini pada siang hari, suhu di Makkah sekitar 43 derajat celsius, sedangkan pada dinihari suhunya diantara 30 derajat celsius. Sehingga cukup menyulitkan bagi jamaah haji asal Indonesia yang terbiasa berada di suhu 25-32 derajat celsius pada siang hari.

Baca Juga :   Dikunjungi Walikota Pasuruan, Keluarga Syafi'i Akhirnya Diberi Rumah Kontrakan

“Pesan kami kepada seluruh jamaah agar sesampainya di tanah suci bisa menjadi tamu Allah yang baik, penuh khusuk, sabar dan tawakkal. Hendaklah di tanah suci untuk menjaga citra baik bangsa Indonesia. Serta doakanlah negara ini agar terlepas dari kemelut krisis dan bencana agar menjadi negara yang tentram dan damai dalam lindunganNya,” tambah mantan direktur RSUD dr. Moh Saleh ini.

Pada musim haji 2018 ini, ada 218 JCH yang tergabung dalam kloter 30 embarkasi Juanda Surabaya. Jumlah tersebut terdiri dari 98 laki-laki dan 120 perempuan. Rinciannya dari Kecamatan Mayangan 46 orang, Kecamatan Kademangan 45 orang, Kecamatan Wonoasih 29 orang, Kecamatan Kanigaran, 69 orang, dan Kecamatan Kedopok 29 orang. (fng/saw)