Hutan Lindung Argopuro Terbakar

1464
Kobaran api di Hutan Lindung di Pegunungan Argopuro Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo. Meski tak ada korban, sedikitnya 10 hektar lahan terbakar diduga akibat puntung rokok.

Probolinggo (wartabromo.com) – Hutan Lindung di Pegunungan Argopuro Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo terbakar. Tidak ada laporan korban dari peristiwa kebakaran hutan yang diperkirakan mencapai lebih 10 hektar itu.

Kapolsek Gading, IPTU. Bagus Purnama menuturkan, secara kasatmata kebakaran itu terpantau sejak Kamis (2/8/2018) sekitar pukul 18.30 WIB. Lokasinya di petak 9C HLRBC (Hutan Lindung Rimba Campur), Dusun Rabunan, Desa Batur, Kecamatan Gading. Sekitar pukul 20.00 WIB, dari kejauhan, asap hitam di hutan lindung itu semakin terlihat membara.

“Dikarenakan tiupan angin yang semakin kencang, mengakibatkan api dengan cepat merambat dan membakar tempat lain di sekitar tempat asal api. Kami bersama petugas gabungan menuju lokasi pada malam itu,” kata kapolsek, Jumat (3/8/2018).

Bagus menuturkan petugas gabungan dari Koramil 0820/23 Gading, Polsek Gading dan Petugas Perhutani, tidak bisa menjangkau lokasi. Diterangkan, lokasi kebakaran berada di tebing yang curam, sehingga petugas tidak dapat menjangkau area kebakaran. Mereka hanya mampu berada di bawah tebing, berusaha mengantisipasi agar api tidak merambat lebih luas.

Dari pantauan petugas, setidaknya ada 10 hektar lahan yang terbakar. Namun, yang terbakar bukanlah hutan jati melainkan hutan rumput ilalang dan semak belukar. Kondisi rumput ilalang yang kering ditambah angin kencang sehingga api membesar.

“Dugaan sementara dimungkinkan diakibatkan karena ulah orang mencari rumput yang membuang puntung rokok pada tempat tersebut. Kobaran api cepat membesar karena dibantu tiupan angin kencang dan merambat ke area sekitar,” tandas mantan KBO Satreskrim Polres Probolinggo ini.

Api mulai mengecil pada Jumat pagi sekitar pukul 04.00 WIB. Namun, masih terlihat kepulan asap dari area kebakaran. Sampai saat ini petugas dari Perhutani Probolinggo dibantu anggota dari Koramil 0820/23 Gading dan Polsek Gading masih siaga di sekitar lokasi.

“Kami tetap menyiagakan anggota di sekitar kejadian kebakaran hutan untuk mengantisipasi kebakaran timbul kembali. Sebab tidak memungkinkan kami ke lokasi, mengingat faktor alam. Mudah-mudahan segera padam total,” imbuh Danramil Gading, Kapt Inf Sumarsono. (cho/saw)