Ini Tanggal Tes CPNS Kabupaten Probolinggo

5094

Probolinggo (wartabromo.com) – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Probolinggo memastikan jadwal seleksi kompetensi dasar (SKD) bagi 3.938 pelamar lolos dalam seleksi Administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Seleksi akan digelar pada 7-10 November 2018 di Gedung Serbaguna, Kabupaten Jember.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Probolinggo (BKD) Abdul Halim,  mengatakan, SKD berbasis komputer atau computer assisted test (CAT) bagi pelamar CPNS di Jawa Timur secara serentak di mulai sejak hari ini, Jumat (26/10/2018). Namun, khusus Kabupaten Probolinggo baru dilaksanakan pada 7-10 November mendatang.

“Betul, pelaksanaannya selama empat hari berturut-turut. Untuk hari pertama dari Kabupaten Jember, setelah itu dari daerah lain. Kita sendiri mendapat jadwal di tanggal itu,” kata Abdul Halim.

Baca Juga :   Diajak Ngopi Bareng Kapolres, Petani Tembakau Malah Sambat Prostitusi 

Dalam pelaksanaannya, menurut Halim tidak dilakukan sekaligus, melainkan dibagi per sesi. Dari 3.938 orang yang lolos seleksi awal, akan dibagi 16 kelompok selama 4 hari. Artinya dalam sehari, ada 4 sesi pelaksanaan tes SKD. Per sesi maksimal dibatasi 250 peserta. Hal itu dilakukan sesuai dengan kapasitas tempat tes.

“Kami tidak menyiapkan transportasi dan akomodasi. Segala sesuatu terkait itu, silahkan dipersiapkan oleh masing-masing individu. Untuk itu jaga kesehatan saat pelaksanaan tes,” ujar Halim.

Halim mengatakan, Tes SKD meliputi tiga materi dasar yakni, Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Namun ada pula beberapa instansi yang juga menggelar tes seleksi kompetensi bidang (SKB) selain SKD.

Baca Juga :   Berdalih Pernah Ada Teror Bom, HATI Tolak Surabaya Jadi Lokasi Debat Jilid II

“Kisi-kisinya sudah ada. Tinggal bagaimana peserta berkonsentrasi dalam mengerjakan soal-soal tes. Serta menunggu keberuntungan dan rejekinya,” tandas pria asal Kecamatan Kraksaan ini. (cho/saw)