Penyebutan Villa di Puncak Tretes Bakal “Dihapus”

3643
Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf.

Pasuruan (wartabromo.com) – Penyebutan villa di Puncak Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan bakal diubah menjadi homestay. Ancangan itu bagian upaya membangun Tretes sebagai lokasi wisata keluarga.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengungkapkan, penghapusan kata villa menjadi homestay merupakan paket kebijakan yang dibutuhkan hingga citra “hitam” Tretes selama ini dapat terkikis.

Dalam rangkaiannya, Pemerintah oleh Bupati yang biasa dipanggil Gus Irsyad itu, dikatakan telah mempersiapkan program-program pengembangan potensi ekonomi, yang langsung bersentuhan dengan warga sekitar.

“Villa di Tretes akan diganti dengan homestay. Pemerintah akan mempersiapkan penanganannya secara komprehensif. Program-program kami persiapkan, dimana masyarakat terlibat secara langsung,” kata Gus Irsyad di rumah dinasnya, Jumat (26/10/2018).

Terkait rencana Tretes Wisata Keluarga itu, hal mendasar lain kemudian dijelaskan Gus Irsyad, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan, masih harus mereview sejumlah aturan, utamanya Peraturan Daerah (Perda) Tata Ruang Wilayah.

Ditegaskan kemudian, rancangan Tretes sebagai wisata keluarga juga tetap memperhatikan kondisi lingkungan atau lahan hijau, selain pertanian warga sekitar. Perhatian diutarakan, jangan sampai rencana pengembangan wisata, justru merusak lingkungan.

“Jadi selain mereview RTRW, LP2B (Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan) juga tetap kita perhatikan,” tandasnya. (ono/ono)