Gas LPG Bocor, Peternakan Ayam di Kraksaan Terbakar

1449

Probolinggo (wartabromo.com) – Kebakaran hebat melanda peternakan ayam di Dusun Calok Elang Desa Asem Bagus, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (27/10/2018). Ribuan ayam bernilai miliaran rupiah hangus akibat kebakaran yang diduga dipicu kebocoran tabung elpiji pada alat pemanas tersebut.

Peternakan ayam milik Minggus Sungkono, warga Perum Kebonagung Desa Kebon Agung, Kecamatan Kraksaan itu, terbakar sekitar pukul 05.00 WIB. Saat itu, Darlis, penjaga peternakan ayam, mendengar ledakan dari arah alat pemanas suhu. Pemanas ini digunakan untuk menghangatkan suhu ruangan atau kandang. Waktu itu ada ayam yang masih kecil dan baru datang.

“Awalnya ada ledakan, mungkin dari elpiji yang dipakai sebagai bahan pemanas. Ledakan mengakibatkan percikan api dan dengan cepat menyebar kandang ayam yang terbuat dari bambu,” tutur Darlis.

Baca Juga :   Larungan, Puncaki Distrikan di Danau Ranu

Darlis dibantu warga sekitar kemudian berusaha melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Sayang, usaha itu tak cukup membantu. Sebab, api dengan cepat melalap kandang ayam yang terbuat dari bambu. Kobaran api dan asap hitam pekat pun membumbung di udara.

Api bisa dipadamkan sejam kemudian, setelah mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Probolinggo tiba di lokasi. Tiga kandang ayam ludes menjadi abu. Sementara sekitar 2.000 ayam juga ikut terbakar. Meski tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, kerugian material diduga mencapai Rp 1,2 miliar.

“Dugaan awal kebakaran diakibatkan adanya ledakan dari alat pemanas suhu kandang. Alat pemanas tersebut berbahan bakar LPG 12 kg. Sehingga dimungkinkan ada kebocoran ataupun suhu yang terlalu panas dan menimbulkan ledakan. Meski begitu, penyebab pastinya masih kami selidiki lebih lanjut,” kata Kapolsek Kraksaan, Kompol. Djoko Juwono. (saw/saw)