Warga Keluhkan Lambatnya Pelayanan di Samsat Kota Probolinggo

2547

Probolinggo (wartabromo.com) – Warga Kota Probolinggo keluhkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan di Kantor Bersama Samsat Polres Probolinggo Kota, Rabu (21/11/2018). Pelayanan dianggap lambat dan banyak calo berkeliaran.

Lilis (48) warga Desa Sumber Kedawung, Kecamatan Leces mengatakan, Ia harus menunggu hingga 5-6 jam untuk bisa menyelesaikan keperluannya di Samsat.

“Persyaratan saya sudah lengkap , namun harus menunggu lama. Dan yang aneh ada orang masuk pake topi hitam, mengumpulkan formulir,  tak lama kemudian sudah selesai dan keluar,” katanya.

Lilis pun mencari tahu siapa orang yang membawa berkas-berkas tersebut, karena dengan mudahnya tanpa antre langsung bisa masuk ke tempat pelayanan pengumpulan berkas.

“Setelah saya mencari tahu, ternyata yang bertopi hitam tersebut adalah calo. Saya tidak mempermasalahkan adanya percaloan namun ya harus sesuai dengan urutan,” keluhnya.

Baca Juga :   Demi Tradisi, Muda-mudi Tengger Rela Menunda Nikah

Hal serupa juga diungkapkan oleh Bambang (58), Warga Batu Malang, ia mengeluhkan terkait lambatnya pelayanan di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Probolinggo.

“Kok lama ya , mengurus pajak 5 tahunan di Samsat Probolinggo, Kota. Tidak seperti Di Batu hanya antre tidak begitu lama dan kemudian selesai.” tukasnya.

Sementara itu, AKP Kemaji, Kasatlantas Polres Probolinggo Kota, menuturkan, bahwa saat ini profesionalisme dan kinerja samsat Probolinggo kota sudah maksimal. Namun ke depan, Ia akan lebih meningkatkan supaya maksimal. Sehingga pemohon tak perlu menunggu lama untuk menyelesaikan pembayaran pajak.

“Saat ini samsat Sudah bekerja maksimal untuk melayani masyarakat, mungkin kami akan lebih berusaha lagi untuk melayani lebih baik lagi,” tuturnya.

Baca Juga :   Walikota Probolinggo Tunjuk Plt Sekda

Ia juga menambahkan bahwa akan meninjau langsung ke Samsat Kota Probolinggo, untuk memastika kebenaran terkait adanya calo yang dikeluhkan warga tersebut.

“Dan terkait keluhan masyarakat tersebut, kami akan mengecek langsung ke lapangan  untuk memastikan apakah ada calo dan pelayanan lambat yang tidak maksimal,” ujar Kasalantas yang baru menjabat kurang sebulan dari sebulan itu. (fng/may)