KM Multi Prima Tenggelam, 7 Korban Selamat Dibawa ke Probolinggo

1410

Probolinggo (wartabromo.com) – KM Multi Prima 1 yang bertolak dari Surabaya menuju Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), tenggelam di perairan antara Bali dengan Sumbawa. Dari 15 ABK, 7 diantaranya selamat dan dibawa ke Kota Probolinggo pada Sabtu (24/11/2018) malam.

“Betul ada korban kapal tenggelam, tetapi TKP-nya bukan di wilayah kita, melainkan di perairan Bali. Namun, ada 7 korban yang dievakuasi ke Probolinggo,” kata Kapolres Probolinggo AKBP. Eddwi Kurnianto, Sabtu (24/11/2018) malam.

Informasi yang didapat wartabromo.com, KM Multi Prima 1 bermuatan bahan bangunan, seperti batako, besi baja dan sejumlah pakan ternak berlayar dari Surabaya hendak menuju Waingapu, Kabupaten Sumba Timur. Namun di tengah perjalanan atau di sekitar perairan Sumbawa – Lombok, cuaca buruk mendadak datang. “Kira – kira gelombang setinggi 2 meter yang menerjang. Kami tidak tahu bagian mana yang bocor, air tiba-tiba masuk,” terang salah satu survivor, Bob Christ Butarbutar (26).

Baca Juga :   Sejumlah Desa Sudah Minta Pasokan Air Bersih ke BPBD

Selanjutnya, sekitar 10 menit sebelum tenggelam, nakhoda menginstruksikan pada ABK untuk “abandoned ship”. KM Multi Prima 1 kemudian memancarkan kode bahaya 2 kali pada Jumat (23/11/2018) pukul 19.05 WIB.

Kode itu terdeteksi nakhoda KM Cahaya Abadi 201 yang kemudian melalukan pencarian.

Setelah melakukan navigasi arah kode, ABK KM Cahaya Abadi 201 menemukan serpihan barang mengapung di sekitar pulau Kapoposang Bali. Serta menemukan 7 ABK yang terombang ambing ombak dengan menggunakan jaket pelampung.
Ketujuh ABK itu, kemudian dievakuasi ke kapal. Tak hanya itu, ABK KM Cahaya Abadi 201 juga melalukan pencarian di sekitar lokasi. Namun 8 korban lainnya tak kunjung ditemukan meski sudah dicari dengan menggunakan sekoci. Mengingat cuaca buruk dengam ombak setinggi 2 meter di sekitar TKP, maka pencarian dihentikan.

Baca Juga :   Polresta Probolinggo Panen Narkoba

Nakhoda kemudian memutuskan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Apalagi 7 korban kapal tenggelam itu menhalami shock berat dan butuh pertolongan medis. “Setelah melaporkan kejadian ke pihak Syahbandar Bali dan Polairud disana, mereka melanjutkan perjalanan kesini,” ujar Kapolres.

Tujuh korban selamat itu, kemudian mendapat perawatan medis dari Biddokkes Polres Probolinggo. Beberapa diantaranya, nampak masih trauma. (lai/saw)