Lupa Matikan Tungku, Rumah Hangus Jadi Abu

484

Lumajang (wartabromo.com) – Sebuah rumah di Dusun Ateran, Desa Tempeh Tengah, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang hangus terbakar, Sabtu (12/1/2019). Kebakaran disebabkan pemilik rumah lupa mematikan api di tungku saat berangakat kerja.

Sekira pukul 07.00 WIB pemilik rumah yang bernama Ngadrip (48) dan Jumainah (45), sedang mengeringkan kayu bakar miliknya yang saat itu dalam kondisi basah. Kayu tersebut diletakkan diatas tungku yang sedang menyala, dengan maksud supaya cepat kering. Sesaat kemudian, pasutri ini pun bergegas meninggalkan rumah, untuk mencari rumput.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, dugaan penyebab kebakaran, ibu pemilik rumah lupa matikan kompornya (tungku, red),” ujar AKP Hasran, Kasatreskrim Polres Lumajang.

Akibatnya, api dari tungku langsung menyambar kayu bakar yang sedang dikeringkan itu. Api kemudian menjalar hingga menghanguskan rumah pasutri tersebut.

Satu mobil pemadam kebakaran diterjunkan dalam peristiwa ini. Beruntung, api segera bisa dipadamkan, hingga tidak menjalar ke rumah warga lainnya, meski beberapa genteng milik tetangga korban terlihat sedikit tersambar kobaran api. Mengingat posisi rumah di Dusun tersebut saling berdempetan.

Baca Juga : Ditinggal Belanja, Rumah di Tempeh Hangus Terbakar

“Hal ini bisa terjadi dikarenakan keteledoran korban. Saat kita menggunakan tungku api janganlah ditinggalkan tanpa pengawasan karena sering sekali kasus tungku api yang membakar semua disekitarnya karena tidak mendapat pengawasan oleh si pemilik,” tutur AKBP Arsal Sahban, Kapolres Lumajang.

Petugas menaksir kerugian akibat peristiwa ini mencapai Rp 15 juta. (may/ono)