Sidogiri Tak Satu Suara, Kyai Nawawi Dukung Jokowi dan Kyai Abdullah Siraj Dukung Prabowo

19969
Pengasuh Ponpes Sidogiri KH. Nawawi Abdul Djalil didampingi KH. Abdullah Syaukat Siraj, KH. Fuad Noerhasan saat bertemu Cawapres KH. Ma'ruf Amin di kediamanya, Jumat (28/9/2018). (Foto: dokumen)

Pasuruan (wartabromo.com) – Anggota Majelis Keluarga Pondok Pesentren Sidogiri Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan agaknya memiliki pandangan berbeda dalam menentukan sikap politiknya pada Pilpres 2019 mendatang.

Rais Majelis Keluarga sekaligus Pengasuh Ponpes tertua dan terbesar di Pasuruan ini agaknya lebih condong mendukung pasangan Capres Cawapres nomer urut 01 yakni Jokowi dan KH. Ma’ruf Amin sementara KH. Abdullah Syaukat Siraj lebih memilih pasangan nomer urut 02 yakni Prabowo dan Sandiaga Uno.

Hal ini terlihat saat dilakukannya deklarasi dukungan terhadap Prabowo – Sandi yang dilakukan oleh sejumlah kyai dan habaib di halaman rumah salah satu anggota majelis keluarga yakni KH. Abdullah Syaukat Siraj, Sabtu (12/1/2019).

Baca : Di Sidogiri, Habib dan Kyai Deklarasi Dukung Prabowo

Lihat : Video Deklarasi

Tak hanya itu, KH. Abdullah Syaukat Siraj dan salah satu anggota majelis keluarga Sidogiri lainnya yakni KH. Fuad Noer Hasan juga pernah menyambut dan menerima kedatangan Sandiaga Uno pada Sabtu( 6/10/2018) silam.

Baca Juga :   Sapa Emak-Emak di Kejayan, Sandiaga Janji Akan Hapus Outsourcing

Baca : Sandiaga Uno Bicara Ekonomi di Sidogiri

Sementara, pandangan berbeda justru dilakukan oleh KH. Nawawi Abdul Djalil yang secara tegas mengeluarkan pernyataan dukungannya kepada pasangan Joko Widodo – Kyai Ma’ruf Amin.

Lihat : Video Dukungan Kyai Nawawi Abdul Djalil

Baca : Sandiaga Kunjungi Sidogiri, Kyai Nawawi Silaturahmi ke Probolinggo

Menariknya, Pengasuh Ponpes Sidogiri ini juga menerima langsung kedatangan Cawapres KH. Ma’ruf Amin dan menggelar pertemuan tertutup di kediamannya pada Jumat (28/9/2018) silam. Pertemuan tersebut diikuti pula oleh KH. Abdullah Syaukat Siraj dan KH. Fuad Nurhasan.

Meski demikian, belum ada pernyataan tertulis diantara anggota majelis keluarga yang benar – benar menyatakan dukungan terhadap pasangan Capres Cawapres yang maju dalam Pilpres 2019 mendatang.

Baca Juga :   Disindir Tak Beri Selamat ke Jokowi, Prabowo: Saya Ada 'Toto Kromo'

Baca : Kunjungi Sidogiri Kyai Ma’ruf Minta Do’a Kemenangan

Perbedaan pandangan politik dalam tubuh majelis keluarga Ponpes Sidogiri agaknya sudah biasa terjadi. Silaturahmi para tokoh nasional dan tokoh politik terutama menjelang pemilu diterima dengan tangan terbuka meski berbeda pandangan.

Baca : Jusuf Kalla Jadi Imam di Sidogiri

Berdasarkan catatan wartabromo.com, pada Pilpres 5 tahun sebelumnya, sikap politik berbeda juga ditunjukkan oleh Majelis Keluarga yakni KH. Abdullah Syaukat Siraj dan KH. Fuad Nur Hasan kala itu lebih condong mendukung Capres – Cawapres Jokowi – JK. Dibuktikan, dengan kedatangan Jusuf Kalla yang datang saat itu.

Sementara KH. Nawawi Abdul Djalil lebih condong untuk mendukung Calon lainnya yakni Prabowo – Hatta, kala itu.

Baca Juga :   Jokowi Resmikan SPAM Umbulan hingga Dilaporkan Hilang, ABG Banyuanyar Ternyata Hidup Bersama Mantan Tunangan | Koran Online 23 Maret

Baca : Prabowo Hatta Menang di Sidogiri

Untuk diketahui, Majelis Keluarga Ponpes Sidogiri beranggotakan para pengasuh dan cucu laki – laki pendiri yang bertujuan untuk saling membantu dalam pengelolaan ponpes yang telah memiliki jutaan alumni tersebar di seluruh Indonesia ini agar semakin maju dan terus berkembang.

Anggota Majelis Keluarga terdiri atas :

1. KH. A. Nawawi Abd. Djalil (Rais/Pengasuh)

2. K. A. Nawawy Sadoellah (Katib dan Anggota)

3. KH. Fuad Noerhasan (Anggota)

4. KH. Abdullah Syaukat Siradj (Anggota)

5. KH. Abd. Karim Thoyib (Anggota)

6. H. Bahruddin Thoyyib (Anggota)

Catatan Redaksi : Redaksi mengubah judul ini pukul 11.00 WIB untuk menghindari mispersepsi atas penafsiran judul

(yog/yog)