Waduh! Kawanan Kera Liar Serang Warga dan 4 Balita

641
Balita diserang kera liat di Klakah. Foto : Humas Polres Lumajang

Lumajang (wartabromo.com) – Kawanan kera serang balita di Desa Tegal Randu, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang. Selama 2 minggu, tercatat sudah ada 4 balita yang diserang kera liar ini, hingga terluka.

Kawanan kera liar ini selama beberapa pekan terakhir seringkali meresahkan warga. Khususnya yang bermukim di sekitar hutan. Hal ini karena hewan liar ini menyerang warga bahkan balita.

Warga yang diserang, kebanyakan mengalamai luka pada kepala dan paha. Bukan hanya itu, tercatat ada 4 balita yang terserang kawanan kera liar ini.

“Warga sangat was-was terhadap serangan kera liar ini. Kami yang berada disekitar kawasan hutan, menjadi sasaran kera.” ungkap Adnan, tokoh masyarakat Tegal Randu, Minggu (13/1/2019)

Salah satu balita yang terserang diantaranya bernama Iqbal, usia 21 bulan, beralamatkan didusun Krajan, desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah. Putra dari Eko Agianto dan Fatimah ini harus mengalami luka robek dibagian dahi akibat gigitan kera, dengan panjang robekan 9 cm. Meski tidak terlalu dalam, namun korban harus dijahit sebanyak 16 jahitan.

Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP Arsal Sahban mengatakan, turunnya kawanan kera liat ke pemukiman warga, karena habitatnya telah dirusak oleh orang yang bertanggung jawab.

“Dipastikan kawanan hewan liar ini mencari makan hingga turun ke pemukiman warga, karena habitat wilayahnya tinggal telah dirusak oleh masyarakat,” jelasnya.

Meski telah turun ke kawasan pemukiman, warga dihimbau tidak lantas membunuh hewan liar ini.

“Saya menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar sama sama menjaga kelestarian wilayah hutan tersebut. Saya juga menginstruksikan agar menggunakan tembakan obat bius untuk menangani kasus tersebut. Hanya dalam keadaan sangat terdesak saja yg mana mengancam manusia, boleh menggunakan senjata api untuk melumpuhkan,” tegas Arsal. (may/ono)