Puting Beliung Terjang 2 Kecamatan di Pasuruan, Puluhan Kios Rusak

0
2027

Pasuruan (wartabromo.com) – Angin puting beliung menerjang dua kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Meski tak ada laporan korban, puluhan kios rusak akibat diamuk angin.

Angin puting beliung itu terjadi pada Minggu (13/1/2019) sore hingga malam, masing-masing berada di Desa Lebak, Kecamatan Winongan dan Desa Kedung Boto, Kecamatan Beji.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana, melalui sambungan seluler menjelaskan, sejumlah kios desa Lebak, mengalami kerusakan, saat angin menerjang pada sore hari kemarin. Saat ini, pihak pemerintah Desa Lebak, masih asesmen, melakukan penghitungan jumlah kios maupun kerugian yang diakibatkan oleh amukan angin itu.

Sementara, di wilayah Desa Kedung Boto, angin berputar hingga los pasar ikan mengalami kerusakan dengan kategori berat. Menurut catatan BPBD, ada 24 kios pasar rusak, rata-rata pada bagian atap terlepas.

Atap kios di pasar ikan Desa Kedung Boto, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, terlepas dihajar puting beliung. (Foto: istimewa)

Bakti kemudian memastikan, di dua lokasi yang kena amukan angin yang juga disertai dengan hujan waktu itu, tak menimbulkan korban.

“Jadi semuanya sudah ditangani pihak pemerintah desa. Alhamdulillah, tak ada korban,” kata Bakti.

Sekedar diketahui, los pasar yang berada di Dusun Gedangklutuk, Desa Kedung Boto itu, belum ditempati oleh pemiliknya. Sehingga saat peristiwa angin puting beliung menerjang, kios dalam kondisi kosong.

“Bersama pihak desa dan warga, kami telah lakukan pembersihan, baik yang di Lebak maupun di Kedung Boto,” pungkas Bakti. (ono/ono)