Libur Imlek, Jalanraya Purwosari Terpantau Lancar

0
224
LANDAI - Arus lalu lintas di simpang Purwosari, Kabupaten Pasuruan terlihat ramai lancar, Selasa (5/2/2019). Kondisi landai ini, diantaranya karena banyak pengguna jalan lebih memanfaatkan jalan tol untuk berlibur di tahun baru Imlek kali ini.

Purwosari (wartabromo.com) – Arus lalu lintas di jalan raya Purwosari, Kabupaten Pasuruan, terpantau normal. Banyaknya pengguna jalan manfaatkan tol, membuat jalur utama Surabaya-Malang tak terjadi kepadatan pada libur Imlek kali ini.

Kelancaran jalur tersebut terpantau di persimpangan jalan Purwosari Kabupaten Pasuruan sejak pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB, Selasa (2/5/2019). Berbagai jenis kendaraan terlihat melaju bebas tanpa ada hambatan. Biasanya, jalur ini kerap terjadi kemacetan karena tingginya volume kendaraan, kala musim liburan.

Kepala Pos Lantas Purwosari, Suwandi mengatakan, kemacetan jalur Surabaya Malang sekarang sudah sedikit berkurang dikarenakan pengguna jalan lebih memilih tol untuk menuju Malang atau Surabaya. Sekedar diketahui tol Pandaan-Surabaya sudah dibuka dan tol Pandaan-Malang pun juga mulai difungsikan seperti pada libur tahun baru beberapa waktu lalu.

“Dari pagi hari hingga sekarang ini, Alhamdulillah jalur Surabaya-Malang masih belum terjadi kemacetan. Sekarang jalur Surabaya-Malang jarang terjadi kemacetan, karena adanya pembangunan jalan tol yang sudah mulai difungsikan,” ujarnya.

Suwandi juga menambahkan, selain keberadaan tol, kemacetan di jalan Purwosari ini berkurang dikarenakan safety light pada persimpangan Purwosari tidak fungsikan.

Pihaknya lebih memilih menempatkan petugas, sehingga pengaturan bersifat manual. Artinya, petugas langsung mengarahkan laju kendaraan, bila sewaktu-waktu mulai terlihat penumpukan kendaraan. Langkah ini disebutnya terbukti mampu mengurai kepadatan arus lalulintas.

“Kalau safety light di persimpangan jalan Purwosari ini berfungsi mungkin sudah terjadi kemacetan,” imbuhnya. (mg3/ono)