Hari Ini, Tim Labfor Polda Jatim Selidiki Penyebab Kebakaran Pabrik Triplek Lumajang

1313

Lumajang (wartabromo.com) – Tim Labfor Polda Jatim hari ini dijadwalkan akan ke Pabrik Triplek di Lumajang yang terbakar. Tim tersebut akan menyelidiki kemungkinan adanya unsur kelalaian karyawan, hingga menyebabkan kebakaran.

AKBP Arsal Sahban, Kapolres Lumajang mengatakan, dari hasil penyelidikan sementara, kebakaran diduga karena kebocoran tabung oli pada Mesin Boiler.

“Untuk sementara kami tengarai awal mula titik api adalah dari kebocoran tabung oli pada mesin sehingga tetesan oli tersebut jatuh ke peredam panas mesin dan menyebabkan percikan api,” ujarnya, Jumat (22/2/2019).

Meski begitu, dugaan ini bersifat sementara. Karena Polres Lumajang akan mendatangkan Tim Labfor Polda Jatim untuk memastikan penyebab kebakaran yang membuat 14 karyawannya luka-luka.

Baca Juga :   Pabrik Kayu Gending Probolinggo Terbakar

“Besok (hari ini, red) tim Labfor Mabes Polri cabang Surabaya akan turun tangan untuk mengetahui bahwa kejadian ini adalah murni kecelakaan kerja atau ada unsur kelalaian dari karyawan. Kami juga telah memasang police line agar tak ada warga yang memasuki TKP,” jelasnya.

Apalago, peristiwa ini merupakan kali kedua terjadi selama kurun waktu satu bulan. Sebelumnya pada 17 Februari lalu, PT Tri Tunggal Lakasana juga mengalami kebakaran.

“Namun pada saat itu, api dapat dipadamkan oleh karyawannya sendiri dan tak memakan korban sama sekali. Ini adalah peringatan bagi para pekerja agar selalu waspada dan fokus pada saat melakukan kegiatan,” ungkapnya.

Sekedar informasi, 14 karyawan Pabrik Triplek di Kecamatan Tempeh, Lumajang mengalami luka bakar setelah terkena percikan oli yang bocor dari ledakan tabung. 4 diantaranya harus mendapatkan perawatan intensif karena terluka cukup parah pada bagian tubuhnya. (may/ono)