Rawan Banjir Bandang, Kali Pekalen Dinormalisasi

1100

Probolinggo (wartabromo.com) – BPBD Kabupaten Probolinggo melakukan normalisasi kali Pekalen, di Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Normalisasi dilakukan untuk mencegah adanya banjir susulan terjadi.

Anggit Hermanuadi, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo mengatakan, ada tiga lokasi yang dilakukan perbaikan dan normalisasi. Lokasi pertama di bagian dekat jembatan dan rumah penduduk terdampak, di Desa Andungbiru. Lokasi kedua di dekat kantor Desa Andungbiru dan dilaksanakan pelurusan alur sungai. Serta di lokasi ketiga, berdekatan dengan sekolah.

“Selain itu, Dinas PU SDA Provinsi Jatim dengan instansi terkait, akan melakukan pemetaan zona bahaya banjir Kali Pekalen. Diharapkan peta tersebut dapat digunakan oleh instansi yang berwenang, untuk mendukung upaya mitigasi dan kesiapsiagaan pada resiko bencana banjir bandang,” terang Anggit, Minggu (10/3/2019).

Baca Juga :   Nikahi Perempuan 20 Tahun, Kakek: Istri Saya Menangis Terharu

Baca juga : BPBD Imbau Warga Probolinggo Waspadai Cuaca Ekstrem

Pertimbangan lain perbaikan dan normalisasi sangat perlu dilakukan karena warga masih tetap bertahan tinggal di daerah rawan tersebut. Padahal, banjir bandang dan longsor susulan dimungkingkan terjadi dengan kondisi cuaca yang seperti saat ini.

Pemkab Probolinggo rencananya akan melakukan relokasi rumah yang berada di lokasi rawan bencana. Meski begitu, rencana ini masih terkendala lahan.

Sekedar diketahui, normalisasi saluran kali Pekalen ini dilakukan dengan bantuan sejumlah personil dan alat berat. Bukan hanya itu, BPBD setempat juga bekerja sama dengan BPBD Provinsi Jawa Timur, serta Dinas PU SDA Jatim. (lai/may)