Habib Hadi Pastikan Rumah Lansia di Kanigaran Direnovasi

546

Probolinggo (Wartabromo.com) – Walikota Probolinggo perintahkan salah satu rumah tidak layak huni di Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo segera direnovasi. Ia pun tak segan memberi sanksi jika masih belum ada perbaikan.

Rumah berdinding gedek itu diketahui milik Abdul Hamid (74) warga RT 01 RW 05 Kelurahan Kanigaran, Kecamatan Kanigaran. Rumah ini terlihat sudah sangat tak layak huni. Bahkan gedek berlantai tanah tersebut nyaris ambruk dibagian belakang.
Abdul Hamid, pria yang pernah berprofesi sebagai tukang becak ini, harus bertahan meski atapnya bocor saat hujan melanda.

“Sudah sekitar 10 tahunan lah, saya menempati sendiri dirumah ini, anak saya satu-satunya meninggal. Istri saya nikah lagi, saya sangat berterimakasih pada bapak Wali Kota karena rumah ini mau direnovasi,” jelasnya pada Senin (18/3/2019).

Wali Kota yang akrab disapa Habib Hadi itu melihat secara langsung kondisi rumah Hamid. Ia memastikan upaya renovasi bisa dilakukan secepatnya. Bahkan Habib Hadi mengancam akan memberi sanksi jika renovasi tidak kunjung dilakukan.

“Segera akan direnovasi lewat stakeholder yang ada seperti LPM, bahan-bahan kan sudah ada. Pasalnya saya sudah dengar 2 tahun lalu sudah diajukan di RTLH tapi kok tidak ada tindak lanjut. Makanya saya pastikan renovasi langsung dilakukan,” jelasnya.

Bukan hanya Hamid, rumah milik Siani (70) di RT 03 RW 05 dalam satu wilayah yang sama juga ditinjau. Lansia yang juga tinggal sendiri kondisi rumahnya masih jauh lebih layak dari Hamid. Namun Habib Hadi memastikan ada upaya pemulihan sosial ekonomi setiap bulannya.

“Disamping RTLH, kami upayakan ada peningkatan sosial ekonomi . Harapannya ini mampu meringankan beban mereka dan menciptakan kemandirian dan kesejahteraan,” tutupnya. (fng/may)